29 Agustus 2010

Aku Malu

Saat semuanya terlihat menyakitkan
Terasa memilukan
Orang lain terasa menertawakan
Seseorang datang dalam hariku
Menceritakan jalan hidupnya
Mengumbar garis tabah pada wajahnya
Aku malu
Allah, kekasihku..
Terima kasih atas segala kegembiraan yang kau sisipkan dalam hidupku
Manusia tak sempurna
Namun yang kau berikan padaku
Lebih dari itu

24 Agustus 2010

Untukmu

Untuk sahabat yang pernah menangis dalam setiap tawanya
Untuk sahabat yang selalu direndahkan ketulusan hatinya
Untuk saudara - saudariku yang dilucuti martabatnya
Sungguh, pertolongan Dia amat dekat

23 Agustus 2010

Iya situu

Kasihan melihat orang - orang yang tidak bertanggungjawab dan selalu menghindar dari masalah, hei iya kamu..yang ngumpet kalau ada pekerjaan, kamu yang akan ada saat semua sudah beres, kasihan. Untuk pekerjaan yang kecil saja sudah begitu, apalagi nanti ya? Ckckckck...semoga Tuhan membuka pikiran mu untuk bisa menjadi manusia yang berpikir.

Mereka Ingin Pulang

(Ini adalah Cerita Fiktif … hasil URUNAN gotong royong dari 32 orang Blogger.  Yang berasal dari berbagai macam daerah)(Lintas Pulau bahkan Lintas Negara.  Ada yang dari Amerika dan ada pula yang dari Malaysia)

(senengnya, komentar saya di blog nomor 2 terpopuler di Indonesia diikutsertakan dalam cerita ini, dan yang lebih membuat aku senang, sumbanyan saya yang tidak seberapa banyaknya itu turut membuat tema ini menjadi sebuah cerita yang menggambarkan orang - orang yang sangat rindu akan kampung halamannya, senangnyaa....)
Siang itu udara terasa sangat panas. Matahari bersinar penuh diatas kepala. Seorang pemuda tanggung berdiri termenung di sudut terminal … Bahu pemuda itu terlihat agak turun dan pandangannya kosong.  Ia bingung… dan coba mengingat apa yang sudah ia lakukan tadi… Dari sudut matanya yang sayu jatuh butiran air mata serupa butiran kristal.

Hiruk pikuk terminal tak juga membuatnya beringsut dari tempatnya.
Terlihat sebuah Bis sarat penumpang melintas di depannya. Bis itu membunyikan klakson … dan sang sopir pun berteriak lantang ke pengemudi sedan mewah yang menghalangi jalannya … teeeeettttt,
“… mentang-mentang kokai, aku dianggap jablai …”

Pemuda itu tetap diam membisu … gundah.  Peluhnya masih segar menetes dari dahinya.  Sebentar2 ia melihat keluar jendela terminal …  Sekali-kali matanya menerawang jauh membayangkan emaknya yang sedang menunggunya di kampung.  Meski bau jengkol, tapi kampung itu begitu dirindukan. 

Entah sudah berapa tahun ia masih kebingungan untuk bisa mencari rezeki yang lebih banyak dari sekedar berjualan jambu, ia benar – benar rindu pulang…

22 Agustus 2010

Namanya Faisal Yusuf

Gadis cilik itu duduk kelas dua, Rizky namanya namun sang Bunda memanggilnya dengan panggilan yang khas, Cheesky, ya seperti membaca keju dalam bahasa inggris (::cisky). Periang, supel dan pintar, hobinya tentu saja seperti adik bungsu saya, main tebak - tebakkan, dan pertanyaan inilah yang membuat kami (saya dan sekitar 4 orang teman saya tergubrak - gubrak) :

Cheesky : "Kak, aku punya tebak - tebakan lagi nih, Siapa nama teman aku yang huruf depannya F??"
Kami : Huahahahahaha...
Cheesky : "Tau gaa? Huruf tengahnya S.." *pasang wajah so nebak sotoy - sotoy gimana gitu...
Kami : HAHAHAHHAHAHAHAhhhahahah...Fadil, fauzi, Fifi... (*mencoba menjawab sambil nahan ketawa sekuat tenaga)
Cheesky : "Salah semuanya, Namanya Faisal Yusuf weeee...payah ni masa gitu aja ga tau, Dia ituuu...ketua kelas akuu.."
Kami : "hahahahahah....(*sambil nyambit paha sendiri)

17 Agustus 2010

BLOGWALKING

Gawaaaattt...gawat gawat seribu gawattt (apaan sih pay dari kemaren gawat - gawat mulu, itu lho...saya ketagihan BLOGWALKING...hmmmm (*leyeh-leyeh)

Arti - Arti Label

Mungkin sebagian ada yang bertanya (maaf saya kePDan), tentang label - label yang saya buat, ada yang bahasa inggris , Jerman, dan yang lainnya. Jom saya jelaskan...

Isinya ada rangkuman kuliah, tugas kuliah, kenapa? ya karena saya salah satu orang yang selalu mencari tugas pake internet, jadi pengen ikutan berbagi aja gituu..(mohon kritiknya kesalahan-kesalahan yang mungkin tertera), trus isinya ada juga tentang berita - berita yang menurut saya unik, menarik, informatif, trus biasanya kalau saya mencari sesuatu yang susah atau lama dapet jawabannya saya akan memposting tulisan yang berkaitan atau akan mengutipnya kembali, tujuannya bukan bukan apa - apa (toh saya selalu menuliskan sember eh kamsudnya sumber tulisannya), ya kali aja gitu si sumber udah ga ngesave datanya atau misalnya situs ga bisa dibuka lagi.

Nyerocoss...


Hmmm...apa yakkk?? jadi gini ceritanya...abis jalan - jalan baca blog, ada yang wise ada yang kocak ada yang pemikir...macem2,
punya gaya dewek - dewek..seneng aja gitu liat posting2 yang kocak...komentar2 gokill..
apaan si? trus kenapa? yaudah gih sono...Lahhhhh?? gajebo...dasar! ni apaan si..

hehe balik lagi, jadi ceritanya mau launching label nyerocoss... udah cuma ituan doang kok..hahaha

kalo dipikir2 setress juga ye...selama ini postingan gue, ada yang bilang "pay lu setres mulu ya?", "pay...kenapa?"...tapi kalo ngumpul yang rame ndiri dah...(mentang - mentang pernah dapet award cewe terasyik, tertomboy, tercool, terkreatif, sedeng tu yang milih)...

dah yee tunggu kisah - kisah yang berharga untuk gue lewatin...ciaooo!!

Menahan Buang Air Kecil : Bahaya!

Huhu...mau kasih info, mungkin ini jug yang dirasakan oleh temen - temen yang sering nahan buang air kecil, emang sih kadang ada istilah "gak bisa keluar" kalau pipis di toilet umum, yaiyalah, wong nahan bau toilet umum aja yang gak nahan,, kotor...geliiii!!! alih - alih mau menghindari bakteri pada toilet yang jorok hati - hati juga dengan bahaya menahan buang air kecil, yap...dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (saya pernah mengalaminya, pinggang kaya mau copot) bahkan yang lebih parah lagi penyakit batu ginjal. 
Inilah sebuah kutipan dari VivaNews

16 Agustus 2010

Tjilik Riwut - Pahlawan "Tak" Dikenal

Sering kita mendengar Soekarno, atau pattimura (mungkin ini juga karena beliau menjadi gambar pada uang di negeri kita.

Mengapa harus mengenal? Hey tidakkah kau ingin tahu siapa - siapa saja orang yang telah merelakan waktu bersantainya, waktu tidurnya, waktu bersenda guraunya untuk sebuah pengabdian jiwa, raga dan pikiran. Merekalah, mereka yang disebut sebagai pahlawan, entah apapun yang telah mereka lakukan silahkan saja bandingkan dengan kita...Ya...Kita.
Lalu? Hey..saudaraku semua, tidakkah kalian tahu bahwa banyak yang telah mereka korbankan dalam memperjuangkan dan mempertahankan status bangsa di Nusantara menjadi Indonesia? Berapa banyak waktu atau hal yang kalian korbankan untuk organisasi kalian? Untuk kemerdekaankah? Untuk mencari jalan keluar dari belenggu bangsa lain? Hehe (lebay mode on)

Saya pun belum sepenuhnya mengenal mereka semua, ada saah satu yang saya akan perkenalkan kepada kalian, namanya Tjilik Riwut. Berikut kisahnya (diambil dari wikipedia indonesia).

Tjilik Riwut (lahir di Kasongan, Katingan, Kalimantan Tengah, 2 Februari 1918 – meninggal di Rumah Sakit Suaka Insan, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 17 Agustus 1987 pada umur 69 tahun) adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia. Ia meninggal setelah dirawat di rumah sakit karena menderita penyakit lever/hepatitis dalam usia 69 Tahun, dimakamkan di makam Pahlawan Sanaman Lampang, Palangka Raya Kalimantan Tengah.

Tjilik Riwut yang dengan bangga selalu menyatakan diri sebagai "orang hutan" karena lahir dan dibesarkan di belantara Kalimantan, adalah pencinta alam sejati juga sangat menjunjung tinggi budaya leluhurnya. Ketika masih belia ia telah tiga kali mengelilingi pulau Kalimantan hanya dengan berjalan kaki, naik perahu dan rakit.

Pilihan, Hati dan Akal

Baru saja saya menonton acara yang selalu ada saat sahur, Tafsir Al-Misbah oleh Bapak Quraisy Shihab di MetroTV, kali ini dia melanjutkan tilawahnya yang sudah sampai Al-Anaam. Seketika ada penonton yang bertanya, saya kurang jelas mendengarnya, namun kira - kira buah yang saya dapat petik adalah :

Kita diberikan 2 hal,logika untuk melihat kebenaran, dan hati untuk menentukan apa yang menjadi fitrah kita (kebaikan). Misalnya saja saat memilih pasangan, sungguh tiada manusia yang sempurna (kecuali Nabi Muhammad SAW tentunya). Logika takkan mampu untuk menutupi kekurangan yang ada pada diri pasangan, itulah mengapa kita diberi hati untuk meneguhkan pilihan Sebaliknya, jika hati menemukan kebimbangan, itulah fungsi akal untuk menyempurnakannya.

Beliau juga menuturkan sebuah hadist yang intinya adalah jika kita mengalami kegelisahan dalam menentukan sebuah pilihan, maka kembalikanlah ke hati kita, yang dirasa baik oleh hati kita, insya Allah menuju kepada kebaikan.

15 Agustus 2010

Terjatuh atau Menjatuhkan Diri?

Jatuh tak selamanya menyedihkan, Misalnya saja....
Jatuh Cinta

Pembatasan Kesabaran

Maap ya sabar gw udah di batas nya. Gk peduli pahala puasa ilang/berkurang,,Gw cuma pengen bilang F*CK!!jangan kaya seenak jidat lw!!

Hari ke-5 Ramadhan, melihat secuplik status Facebook salah satu teman saya yang membuat saya terkikik membacanya. Betapa lucunya, lihatlah, pasti teman saya tersebut dalam keadaan emosi yang meluap - luap.

Maap ya sabar gw udah di batas nya.
Sejak kapan definisi kesabaran memiliki ukuran atau batas - batas?

Gk peduli pahala puasa ilang/berkurang
Ga peduli sama siapa? Sama Allah? Hei, itu bukankah itu kalimat pembangkangan? Kalau begitu caranya namanya merendahkan kualitas diri sendiri didepan khalayak ramai, bagaimana kalau adik - adk kita yang membacanya? Malu dong :)

Gw cuma pengen bilang F*CK!!jangan kaya seenak jidat lw!!
Cuma pengen bilang, belajar dewasa dengan penggunaan kata - kata adalah cara yang elegan untuk membuat orang yang kita benci menjadi sadar apa yang telah ia lakukan.

Gawat Gawat Gawat . . ^^

Bagaimana ini, saya mulai jatuh cinta ada bahasa asing : Bahasa Perancis dan Bahasa Arab

14 Agustus 2010

Keindahan Hidup

Dibutuhkan hati kusam dan pikiran kelam, untuk mengkelas-kelaskan sesamanya berdasarkan uang, harta, dan kekuasaan.

KEINDAHAN HIDUP DIBANGUN DENGAN HATI YANG BENING DAN PIKIRAN YANG JERNIH.

Dalam pandangan Tuhan, seorang kaisar yang tidak jujur – berada di bawah kelas anak muda sederhana yang berhati bening dan berpikiran jernih.

Hidup ini bukan TINGGI-TINGGIAN atau KAYA-KAYAAN, tetapi BAIK-BAIKAN.

Mario Teguh

Kesabaran

KESABARAN KITA TERHADAP SETIAP ORANG TIDAK SAMA.

Kita bisa mudah bersabar terhadap seseorang, tetapi amat sangat cepat marah terhadap seseorang yang lain.

Mungkin kita menyimpan kekesalan dengan tingkat yang beragam terhadap jiwa-jiwa dalam hidup kita.
Jika Anda cepat marah terhadap jiwa tertentu, sebaiknya Anda memeriksa kualitas hati Anda baginya, terutama jika dia adalah kekasih hidup Anda.

Mario Teguh

Harapan

Sahabatku yang baik hati,

Engkau harus menerima kemungkinan datangnya kekecewaan, tetapi engkau harus lebih meyakini kepastian pemenuhan harapan.

Harapan adalah kekuatan yang meringankan bebanmu, dan membuka pandanganmu jauh ke masa depan.
Harapan adalah jembatan yang menghubungkan antara satu doa dengan doa-doamu yang berikutnya.

Dan, harapan adalah tali kehidupan yang menghubungkanmu dengan Tuhan.

Mario Teguh

Mimpi dan Ketakutan

Sejatinya impianmu itu indah, tetapi kau biarkan layu karena hatimu lebih takut, daripada ikhlas melakukan yang bisa kau lakukan.

Ini impianmu. Engkau tak bisa mewakilkan pencapaiannya.

Tentang Keinginan

Jika engkau hanya MENEMPATKAN YANG BELUM KAU MILIKI SEBAGAI YANG KAU INGINKAN, maka pantas sulit bagimu untuk mensyukuri semua kebaikan yang telah kau miliki.

Hentikanlah sejenak pengejaranmu.

Gembirakanlah jiwa-jiwa dalam keluargamu, yang sesungguhnya adalah keindahan yang telah dirahmatkan kepadamu, tetapi yang LUPA KAU INGINKAN.

INGINKANLAH YANG TELAH KAU MILIKI, lalu perhatikan apa yang terjadi.

Mario Teguh

Penguat Hati

Malam ini, bisikkanlah dalam doamu,

Tuhanku Yang Maha Pengasih,

Tabahkanlah hatiku yang rapuh ini,

Hidup

HIDUP INI TIDAK BOLEH SEDERHANA.

Hidup ini harus HEBAT, KUAT, LUAS, BESAR, dan BERMANFAAT.

Yang sederhana adalah SIKAPNYA.

Keimanan

Imanmu itu bukanlah untuk mendiamkanmu dalam tidak adanya tindakan.

Imanmu itu untuk menjadikan setiap helai ototmu,
setiap helaan nafasmu, dan setiap tetes peluhmu,
sebagai kekuatan yang memperbaiki kehidupan,

Damai Hati

Dalam kantuk dan lemahnya raga yang letih, jiwa ini pun mengendap dalam
keheningan yang redup.

Dan kesadaran pun mewujud bahwa kita tak mungkin
sepenuhnya kuat dan mampu mencapai kebaikan hidup ini tanpa bantuan.

Doa

Malam ini, bisikkanlah

Aku datang menghadap Mu, Tuhanku
tuk menyerah dan mohon penyelamatan

Waktu dulu ..... (Bagian Satu)

 Mikir kalau planetarium atasnya bener - bener luar angkasa

Tentengan ulang tahun temen waktu TK diambil orang gara - gara dikira ngasih, padahal tangan lagi jaga keseimbangan mau pake sendal

Waktu SD kado yang paling sering dikasih ke temen : Buku Tulis, Sabun, Odol...

Pernah berangkat sekolah tapi tas ketinggalan diRumah

Kalau ngga ngerjain PR bilang ke Bu Guru ketinggalan, Gara - gara keseringan ada Pak Guru yang nyuruh pulang untuk ambil bukunya

Kalau waktu SD males sarapan

Kalau hari senin, upacara pasti perut mules (jam - jam panggilan alam)

Sering dimintain tolong kalau pelajaran menggambar, tapi nanti dijajanin

Ngga populer

Ngga pernah rengking 10 besar

Pernah takut kalau lewat tikungan naik sepeda, gara - gara dikatain goblok ama ibu - ibu (Yang sebenernya itu jalur saya)

Bersambung...

Tiga Komponen Arsitektur Pada Jaringan Komputer

Arsitektur  komputer  sederhana terdiri dari tiga komponen yaitu :

Network access layer : bertanggungjawab terhadap pertukaran data antara komputer dan jaringan. Dimana sebuah komputer harus menginformasikan alamat dari komputer yang akan dituju.

Transport Layer : Bertugas mengatur mekanisme untuk menjamin keandalan, memastikan bahwa data yang dikirim tiba di tujuan dengan urutan yang sesuai.

Application Layer : Berupa logika yang mendukung berbagai aplikasi user.

Anonimity - Union Routing - Crowd

Anonymity adalah sebuah property dalam jaringan keamanan. Sebuah entity dikatakan mempunyai anonymity jika tidak ada entity lain yang dapat mengakses entity pertama, atau tidak ada tautan balik ke entity pertama atau tidak ada suatu cara yang dapat dilakukan untuk menampilkan entity yang sama.

Onion Routing (TOR : The Onion Routing) : server yang membuat pengguna menjadi anonim dalam internet.Tor berfungsi menyembunyikan pengguna internet. Orang yang menggunakan jaringan tor menggunakan jaringan onion routers. Hal ini membuat lokasi pengguna tetap rahasia. Tor bisa digunakan untuk hal-hal yang melawan hukum dalam beberapa tempat, seperti mengkritik pemimpin negara, menyebarkan berkas berhak cipta, bahkan pornografi anak-anak

Crowd : merupakan sebuah system untuk memproteksi kerahasiaan situs penjelajah. Misalnya crowd mencegah web server yang dikunjungi melalui informasi pemberitahuan yang dapat mengidentifikasi pengunjung.

Penjelasan : TCP dan UDP

Mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat dikenali dengan angka 16-bit (dua byte) yang disebut dengan Port Number dan diklasifikasikan dengan jenis protokol transport apa yang digunakan, ke dalam Port TCP dan Port UDP.

TCP :
  • Connectionless atau connection-oriented.
  • Reliable atau unreliable : Reliable berarti data ditransfer ke tujuannya dalam suatu urutan seperti ketika dikirim. Pengiriman data Unreliable sangat menggantungkan diri pada lapisan jaringan di bawahnya, sehingga tidakdapat menyakinkan apaah segment data dapat dikirimkan sampai ditujuannya atau tidak.
  • Stateful atau stateless. Pengiriman data stateful berarti informasi yang dimasukkan pada satu request, yang dikirimkan dari pengirim ke penerima, dapat dimodifikasi untuk request berikutnya. Sedangkan pengiriman stateless berarti informasi dalam satu request tidak dapat dikaitkan dengan request lainnya, sehingga tidak dapat digunakan untuk request lainnya.

UDP : 
  • Tidak perlu adanya setup koneksi terlebih dahulu (hal ini dapat menyebabkan tambahan delay)
  • Sederhana, artinya antara penerima dan pengirim tidak perlu menjaga session atau status koneksi
  • Ukuran header segment sederhana

Tidak perlu kontrol kemacetan koneksi, artinya UDP dapat mengirimkan per segment tanpa dipengaruhi oleh kesibukan jaringan

Ujian : Dispersi

For a typical LED source emitting in the wavelength region of 0.8 to 0.9 µm, the spectral width is about 20 nm. Calculate the material dispersion of a silicate fiber with a LED source using the result of Figure 5.2, over a fiber length of 1 km
 
Answer :
    Region wavelength : 0.8 to 0.9 µm
    Spectral width : 20 nm
    Fiber length : 1 km
    Material Dispersion DM ?
 
Maaf gambar diambil pake webcam :P
 
Sesuai dengan gambar yang ditunjukan pada 5.2, titik belok kurva atau inflection point berada pada rentang 1.2 dan 1.3 sehingga dapat disimpulkan bahwa pada dispersi material yang dihasilkan pada rentang 0.8 – 0.9 µm atau 800 – 900 nm berada pada titik zero-dispersion wavelength. Yaitu sebuah kondisi dimana tidak terjadi pelebaran pulsa akibat dispersi bahan pada panjang gelombang ini.

 

12 Agustus 2010

Gempa 5,8 SR, Sebagian di Bandung (02.10 WIB)

Beberapa warga Bandung, Jawa Barat, panik akibat guncangan gempa bumi yang berpusat di Samudera Indonesia, 125 Km barat daya Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (12/8) pukul 02.10.Gempa berkekuatan 5,2 skala Ritcher itu membuat beberapa warga keluar rumah dan gedung. "Takut juga bila gempanya merusak. Saya sampai pusing akibat goncangan itu," ujar Asep, warga Jalan RE Martadinata, Bandung, Kamis pagi.
Berdasarkan data yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa dari kedalaman 10 Km itu tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Gempa juga sangat terasa di Jakarta, 209 Km dari pusat gempa.

sumbernya di sini

Tidak Ada

Tidak Ada Tuhan

Jangan kira saya ini seorang atheis yang tidak percaya Tuhan. Namun kalimat diatas belum selesai. Kira - kira bunyinya seperti ini : Tidak ada Tuhan selain Allah.

Mengapa tidak ditulisakan, "Tuhan Hanya Allah?"
Sebuah pertanyaan yang muncul saat saya duduk di bangku kelas III SMP. Sebuah pertanyaan yang terlotar dari guru silat saya dulu. Kira - kira pemahaman yang saya dapat adalah sebagai berikut :

Allah menciptakan segala sesuatu di Dunia ini bersifat dualitas dan relativitas, artinya segala sesuatunya ada pasangannya, ada pembandingnya. Namun ketidak efisienan dengan penggunaan kata - kata "Tidak ada" diatas merupakan sebuah kepastian, jika saya mendengar "tidak ada" berarti "ada" karena kata dasarnya adalah "ada" dan kata "tidak" adalah keterangan dari sifat ke"ada"an. 

Bingung ya?

Jadi secara singkatnya adalah : 
Bagi saya Tuhan = Allah
Jadi kalau ada Ketuhanan, secara tidak langsung dia memang mengakui kalau Tuhan berjumlah lebih dari satu. Misalnya, kata Pulau (Sebuah Pulau) namun kata Kepulauan (Kumpulan Pulau). 

Dan kata - kata "Tidak Ada" adalah sebuah simbol penegasan bahwa memang tidak ada tuhan, karena yang ada Allah.

11 Agustus 2010

Emangnya ROHIS Ada Hubungannya Dengan Nikah Dini Ya?

Teman #1 : "Eh si Sarah nikah yak, lu pada dateng ngga?"

Teman #2 : "Gue kagak diundang, ama Ata yang cupu - cupu itu ya? Anak ROHIS kan? Lu kagak nikah juga pay? kan lu ROHIS?"

Saya : "Ah...iya dikit lagi.." (dengan nada yakin tapi gantung)

*jadi intinya, anak ROHIS, cupu (culun punya), nikahnya cepet??

Lagi - lagi terjadi pergeseran persepsi.

Alay

Ciri - cirinya.... Saudara ( Sibling ) di profil Facebooknya anak satu kelas

Belajar Menulis

Memang pada awalnya, kubuat blog ini untuk sekedar menjadikannya sebagai buku catatan harian. Namun setelah berkecimpung beberapa bulan. Saya ingat sekali betapa dulu saya terkesima dengan gaya bahasa yang enak dibaca, tanpa singkatan dan beberapa kosa kata baru, ya..pada blog salah satu dosen saya, Pak Budi Hermana, beliau mengajar Ekonomi Teknik. 

Membaca blog beliau saya semakin bersemangat untuk belajar menulis. Dengan latar belakang yang suka sedikit membaca, saya memberanikan diri untuk menuliskan apa yang saya dapatkan di hidup ini (berlebihan nampaknya,red).

Lalu seiring dengan berjalannya jarum jam, saya juga menemukan blog - blog inspiratif. Mungkin bagi orang lain yang membacanya blog - blog inspiratif saya tidak terlihat menarik. Tapi saya sangat berterima kasih kepada mereka karena saya dapat menikmati sekali tulisan mereka. Sebut saja Shinlee (Mutia), Ce-kink (Rhendy) dan blog - blog lainnya yang saya belum bisa sebutkan.
 
Mereka bisa memberikan wacana, bukan sekedar status, bukan sekedar lelucon yang menjijikan, bukan foto - foto dengan busana mewah yang ditampilkan. Tapi mereka - mereka ini mengajarkan kepada saya tentang berbagi ilmu. Tentang seni bercerita melalui huruf - huruf.
Saya berdoa kepada-Nya agar blog saya dapat memberikan manfaat. 
Karena Tulisanku Untukmu.


Bersyukur

Life is Good

Beberapa waktu lalu setelah hadir di acara Mario Teguh Golden Wise, ada satu kalimat yang telah memberiku kekuatan dan energi positif. Ya, Hidup Itu Indah.

Seketika mengingat betapa murah hatinya Dia memberiku begitu banyak nikmat yang tak dapat kutulis satu per satu. Namun betapa banyaknya pula keluhanku yang terlontar.

Hidup adalah keindahan, sebuah kesenian yang tercipta dari Zat Maha Segala. Bersyukur, karena kebahagiaan sudah dipersiapkan bagi insan manusia yang mau melihatnya, yang mau membacanya, ya.. Yang mau iqro (Baca).

Bacalah lingkungan sekitar
Bacalah bagaimana orang - orang sukses dapat menikmati setiap detik hidupnya
Bacalah bagaimana para Alim Ulama memberikan ilmunya kepada kita
Bacalah bagaimana orang - orang yang tidak bersyukur dipenuhi oleh keluhan dan kesialan
Bacalah bagaimana orang - orang menghindari masalah yang akan membuat masalah baru baginya
Bacalah bagaimana ia memperlakukan orang lain
Bacalah bagaimana alam memberikan petuah tersirat, kedamaian
Bacalah bagaimana langit selalu membuatmu tersenyum saatkau melihatnya
Bacalah bagaimana cinta dapat membuat kita bersama
Bacalah bahwa kebenaran akan membawa kebaikan

Hai Ma...


Assalamualaikum Ma...

Tak terasa sudah Ramadhan ke-tiga Mama disana ya...
Aku kangen sekali disini, kangen sahur bersama Mama
Walaupun tekadang hanya minum teh manis karena Mama terlambat bangun
Lucu sekali..."Lelah ya Ma seharian bekerja?"

Dulu walaupun kami hanya santap degan tempe goreng
Namun rasanya nikmat sekali
Mungkin rasa cinta Mama terhadap kami ikut bersama cita rasa makanannya ya...?
(Berlebihan : aktifkan)

Ya Allah, Berilah Mama tempat yang sejuk
Jagain Mama ya...

Mama..
Maafin atas kesalahan saya ya Ma, yang meghambat Mama 
Karena masih banyak kekurangan dan kesalahan yang saya perbuat

Aku menyayangimu Mama

10 Agustus 2010

Anonimity - Sebuah Rangkuman

Berhubung besok ada ujian mata kuliah Jaringan Komputer, maka saya akan mencoba untuk merangkum sedikit tentang pengertian Anonimity.


Apakah yang dimaksud dengan Anonimity?

Anonymity is a property of network security -[ Tzachy Reinman]

atau secara sederhananya, anonimiti merupakan sebuah properti dalam keamanan jaringan. Sebuah entitas dikatakan memiliki anonimiti jika tidak ada entitas lain yang dapat mengidentifikasikan entitas pertama. Tidak pula ada sebuah link untuk kembali ke entitas pertama. maupun cara untuk memverifikasi bahwa setiap dua tindakan anonim dilakukan oleh entitas yang sama.


Mengapa? Apa motivasinya?

Jika kita berpikir secara naif, tentu kita semua akan mengatakan bahwa tidak ada ruang privasi di dunia Web. Browser akan menampilkan alamat IP, nama domain, organisasi, merujuk halaman, platform (sistem operasi), dn informasi yang diminta dimana informasi ini digunakan untuk mengakhiri server, sistem administrasi lokal dan pihak lainnya.Untuk sekedar informasi, Cookie adalah satu bentuk pelanggaran privasi.


Hal ini dapat dengan mudah dilihat bahwa situs yang menerima yang tahu akan permintaan (tentu tanpa melakukan sesuatu) dengan petunjuk (pengarah) dimana pengarah ini merupakan situs sebelumnya.



Pengunaan Anonimitas dalam jaringan?

1. Voting Elektronik (Electronic Voting)

2. E-Commerce

3. Sending anonymous messages or distributing anonymous content

4. Other data communications (E-mail, Web browsing, Chatting) – Avoiding traffic analysis

5.  Hiding the existence

6. Remote Login

7. Interest Group

8. Private Information Retrieval

9. Privacy of communication patterns


Tipe - Tipe Proteksi Anonimiti

05 Agustus 2010

Depresi ... -_-"

Apa itu DEPRESI ?

Anda, saya dan setiap orang pasti pernah mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan, merasa sedih, dan tidak gembira. Namun jika perasaan sedih itu menjadi perasaan sedih yang tidak kunjung hilang atau terus menerus muncul maka hal itu dapat merupakan tanda-tanda Anda mengalai depresi, dan memerlukan penanganan yang serius.

Hampir semua orang dapat mengalami Depresi. Perlu dicatat, Depresi tidak disebabkan oleh kelemahan pribadi seseorang, Depresi diduga terjadi karena ketidakseimbangan kimiawi di otak. Seseorang dengan Depresi dapat tampak normal di depan orang lain, sementara dalam hatinya ia merasa sedih dan tertekan.

Orang dengan Depresi sering tidak mau mencari pertolongan dokter(Psikiater) atau Psikolog. Alasan yang sering dikemukakan adalah “Tidak ada yang bisa membantu Saya” , tentu saja hal ini Tidak Benar, karena Depresi dapat dihilangkan dengan penanganan yang tepat.

Ciri Anda Mengalami Depresi

Selain kalimat “Tidak ada yang bisa membantu Saya”, berhati-hatilah dan sadarilah bila tanda dan gejala berikut ada pada diri Anda…


  1. Perasaan sedih terus menerus
  2. Merasa diri sendiri tidak berguna
  3. Gelisah/ cemas tanpa sebab yang jelas
  4. Kehilangan minat terhadap hobi/ hal-hal yang digemari
  5. Sulit tidur atau sebaliknya tidur berlebihan
  6. Nafsu makan berkurang atau mungkin malah meningkat
  7. Suka menyendiri
  8. Mudah tersinggung/ mudah menangis
  9. Sulit berkonsentrasi dan membuat keputusan
  10. Malas melakukan segala aktivitas
  11. Gairah seksual menurun
  12. Dorongan ingin Bunuh Diri

Faktor Penyebab

Seringkali tidak dapat diterangkan dengan jelas mengapa seseorang menjadi depresi. Namun beberapa Faktor yang bisa menyebabkan Depresi antara lain :

Faktor keturunan
Perubahan besar dalam kehidupan seseorang, seperti : kematian orang yang dicintai, perceraian, kehilangan pekerjaan, tertimpa musibah atau bencana, dll.
Menderita penyakit kronis
Efek samping dari obat-obat tertentu
Keadaan yang dapat menimbulkan ketidakseimbangan hormonal seperti pasca kehamilan dan menopause .

Penanganan yang dapat dilakukan

Jika tidak ditangani dengan tepat, Depresi dapat berakhir dengan Bunuh Diri. Penanganan yang dilakukan dapat berupa Upaya Medis, Non medis atau kombinasi keduanya.
Upaya Non Medis dilakukan dengan upaya spiritual keagamaan, lebih mendekatkan diri pada Tuhan, serta dukungan penuh dari keluarga.
Upaya Medis dilakukan melalui Konseling (Konsultasi) dengan Psikolog atau Psikiater, serta Pengobatan dengan obat-obat Anti depresi di bawah pengawasan dokter.
Namun perlu diperhatikan bahwa cara-cara tersebut tidak serta merta akan memberikan efek penyembuhan, dibutuhkan waktu beberapa saat dan kesabaran sampai Anda dapat merasakan adanya perbaikan.

Tips Untuk Anda Tentang Depresi


  1. Jangan malu untuk mengakui bahwa Anda sedang mengalami Depresi dan segera meminta pertolongan.
  2. Jangan mengurung diri, cobalah untuk bertemu dengan orang lain dan lakukan aktivitas bersama seperti berolahraga.
  3. Pilih aktivitas yang cukup mudah bagi Anda dan dapat Anda kerjakan dengan baik.
  4. Jangan membuat perubahan yang besar sampai kondisi Anda benar-benar membaik.
  5. Hindari Narkoba dan Alkohol
  6. Berhenti menyalahkan diri sendiri
  7. Jangan berkecil hati
  8. Jangan menyerah ! Jika Anda mulai ada pikiran untuk Bunuh Diri segera beritahu keluarga/ sahabat atau dokter Anda.
  9. Dengan pengobatan yang tepat, mayoritas penderita Depresi dapat sembuh kembali dan memperoleh kebahagiaan hidupnya… (sumber:RSJ Prop.Bali, dll)
 

Rose of Versailles

Never bored watching this movie (Hunter X Hunter)

Saya suka semua karakter tokoh disini, yang menjadi favorit saya adalah Gon dan Kurapika. Cerita yang sederhana namun sangat membuat penasaran. Menjunjung tinggi persahabatan ditengah kompetisi untuk menjadi seorang Hunter.

03 Agustus 2010

Irna Le Perle - Rancangan elegan untuk muslimah


Wonderful Song by Elton John : "Your Song"


DGmaj7AF#m
 It's a little bit funny, this feeling inside
 BmBm/ABm/AbG
 I'm not one of those who can easily hide
 DAF#Bm
 I don't much money, but, boy if I did
 DEm7GA
 I'd buy a big house where we both could live

 DGmaj7AF#m
 If I was a sculptor, but then again no
 BmBm/ABm/AbG
 Or a man who makes potions in a travelling show
 DAF#Bm
 I know it's not much but it's the best I can do
 DEm7GD
 My gift is my song, and this one for you

 ABmEm7G
 And you can tell everybody this is your song
 ABmEmG
 It may be quite simple but now that it's done
 BmBm/A
hope you don't mind, I hope you don't mind
 Bm/AbG
 That I put down in words,
 DEmGA
How wonderful life is while you're in the world

 DGmaj7AF#m
 I sat on the roof and kicked off the moss
 BmBm/ABm/AbG
 Well a few of the verses they've got me quite crossed
 DAF#Bm
 But the sun's been quite king, while I wrote this song
 DEm7GA
 It's for people like you that they keep turned on

 DGmaj7AF#m
 So excuse me and forget but these I do
 BmBm/ABm/AbG
 You see I've forgotten if they're green or they're blue
 DAF#Bm
 Anyway, the thing is, what I reallly mean
 DEm7GD
 Yours are the sweetest eyes I've ever seen
chorus
 DEmGAD
How wonderful life is while you're in the world       source : click here

Masa - masa ulat

Kuatkan aku,
Kuatkan aku,
Agar aku dapat mencapai tujuan hidupku
Aku rindu iman 
Aku rindu ketaqwaan
Aku rindu kepasrahan
Aku rindu menjadi bahagia

Suara 01.42 WIB

Detik jam dinding
Cicak
Hembusan angin
Deruman motor tersamar
Serangga malam
Langkah kaki tikus
Hela napas
 

Menyoroti gorong - gorong yang basah
Mencari dimana benda itu berada
Sebuah kunci hati
 
Yang telah terkunci dari dalam
Bantu saya temukan dimana kunci itu berada..

Kunci itu tidak terlihat istimewa
Namun terukir nama - nama indah
Nama orang - orang yang kusayang

Bantu aku..
Dampingi aku...

Astaghfirullah A'l Adzim

Ya Allah, maafkan hamba atas kelalaian yang telah saya perbuat, maafkan saya sudah terus mengulangi kesalahan yang sama, Aku menyayangi-Mu, Jadikan pribadi ini menjadi pribadi yang layak untuk mendapat kemuliaan.

Karena jubah kemuliaan itu nampaknya kian memudar....

Doaku hari ini

Ketika saya hidup nanti, izinkanlah saya bertemu dengan-Mu dan dengan orang - orang yang kusayangi

Banyak orang pandai dan terdidik, yang bekerja dan digaji oleh mereka yang sederhana pendidikannya.

Itu sebabnya, kita tidak boleh mengagung-agungkan gelar dan pengetahuan, jika itu semua hanya bicara dan jauh dari tindakan yang berani.

Bukan kurangnya pengetahuan - yang mengerdilkan kehidupan, tetapi kurangnya penggunaan dari pengetahuan.

KEBODOHAN YANG YAKIN, MENGALAHKAN KEPANDAIAN YANG RAGU-RAGU.

Mario Teguh

Mario Teguh Quote

TUHAN SELALU MEMBERIKAN YANG TERBAIK,
sesuai dengan kualitas kita yang SEKARANG.

Coba bayangkan JIKA KITA LEBIH BERKUALITAS.

...Jika kita menjadi sebaik-baik manusia, YANG BERMANFAAT BAGI SESAMA.

Atau jika kita menjadi JIWA YANG MENEGAKKAN AGAMANYA SEBAGAI RAHMAT BAGI ALAM SEMESTA.

Seandainya saja setiap jiwa MENGETAHUI INDAHNYA HIDUP IKHLAS DALAM KEBAIKAN, yang di dalamnya TIDAK ADA PERHITUNGAN RUGI.

Mario Teguh

02 Agustus 2010

Tidak Nyaman

Mengapa ya? Saya selalu tidak merasa nyaman dengan orang - orang yang terlalu mengumbar kesenangan hidupnya padahal ia sadar batasan mana - mana saja yang pantas untuk dipublikasikan dan mana yang tidak perlu untuk dibeberkan.

Masalahnya apakah pada diri saya? Rasanya bukan iri, tapi lebih ke moral aja, karena sesungguhnya dia harus sadar betul bagaimana hidup bersosial, jangan hanya bisanya menggunakan fasilitas jaringan sosial saja yang notabene hanya kaum minor yang bisa mengaksesnya.

Sebaiknya, untuk bisa membahagiakan orang lain dengan mudah adalah selalu pikirkan dan buatlah sesuatu dengan kesan yang dapat membuat orang lain melihatnya menjadi orang - orang yang tidak merasa terintimidasi apalagi  mereka yang baru melek teknologi dan mencoba melakukan peniruan terhadap apa yang ia lihat, ia rasakan dan yang ia dengar.

Mari Berbenah

Setiap hari harus berurusan dengan pekerjaan yang seharusnya dapat membuat saya bahagia, apakah ini tentang ego yang harus dilawan atau memang harus berusaha "cuek" dengan tanggung jawab orang lain yang seharusnya tidak mengakibatkan pekerjaan baru tercipta?

Rasanya lelah untuk mengingatkan, toh mereka merasa nyaman dengan kemalasan mereka, dengan persepsi "kebenaran" yang ada diotak mereka. Mungkin saatnya berevolusi membentuk kualitas diri (Self Branding saya menyebutnya)

Tapi coba pikirkan tentang hak orang lain yang ada disekitar anda untuk bisa menikmati kehidupan di Rumah (yang orang bilang surganya dunia) nyaman, membuat lingkungan menjadi selaras dengan aura semangat kita, supaya memperlancar irama dalam menyelesaikan tugas lainnya yang harus dikerjakan dirumah. Karena saya harus melewati malam di Rumah.


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...