16 Desember 2009

Slum dan Arsitek

Maaf saya sudah lama belum update...karena saya mengikuti lomba artikel jadi harus baca bahan yang dilombakan. Berikut ini saya mengangkat tema tentang daerah slum yang saat ini semakin meningkat.

Wajah tata kota Indonesia masih kalah jika dibandingkan dengan tata kota di negara lain, misalnya saja negara yang tidak lebih besar dari kota Jakarta yaitu Singapura. Setidaknya ini yang saya terima pada saat mata kuliah Pengantar Ilmu Lingkungan oleh Ir. Arief Rahman, MT. Beliau adalah lulusan arsitektur yang saat ini menjadi Kepala Lembaga Pengembangan FTSP. Beliau memberikan wawasan mengenai arsitektur dan tata kota kaitannya dengan citra sebuah ibu kota dari beberapa negara seperti Singapura, Hongkong, Amerika Serikat dan Malaysia.

Monas, Petronas, Dan Eiffel merupakan sedikit contoh bangunan yang menjadi icon / wajah sebuah ibu kota suatu negara. Sering kali icon - icon ini menjadi gambaran bagaimana megahnya atau kuatnya sebuah kota, semuanya dilukiskan dalam arsitektur. Oleh karena itu, masing - masing negara berlomba - lomba untuk membuat icon yang akan menjadi eye-cathing-nya dunia. Sebuah bangunan kini beralih menjadi prestise masing - masing ibukota.

Lanjutannya . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fasilitas Komentar Gratis Yang Disediakan (Siapa Saja Boleh)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...