16 Desember 2009

Robotika dan Perang Manusia

Pernah nonton Transformer? Terminator ? Wall - E ? I, Robot dan film - film mengenai teknologi robotika?Jika iya, kita melihat bahwa film yang menceritakan tentang interaksi antara robot dan manusia. Namun dari kesemua film - film tersebut, rata - rata memiliki alur cerita yang hampir sama. Misalnya saja film Wall - E yang menceritakan tentang bagaimana kehidupan manusia yang akan datang, tentang bagaimana bumi sudah terisi penuh dengan sampah sehingga diciptakanlah sebuah robot yang bernama Wall - E untuk membersihkan sampah. Lama - kelamaan, seluruh manusia pergi ke luar angkasa karena bumi sudah penuh dengan sampah sampai - sampai hanya tersisa 1 buah pohon yang dijaga oleh Wall - E, penghuni satu - satunya bumi. Singkat cerita, sistem robotika yang ada pada pesawat manusia di luar angkasa berubah menjadi musuh manusia karena tidak mengijinkan manusia untuk kembali ke Bumi.

Beberapa waktu lalu, tepatnya 2 Desember 2009 saya mengikuti seminar nasional di STIKOM Surabaya yang mengusung tema “IT For Life“. Pada kesempatan itu, saya mengajukan pertanyaan tentang masalah diatas, intinya apakah mungkin kehidupan

manusia di masa yang mendatang robot akan menguasai manusia. Ternyata jawabannya adalah “Mungkin saja terjadi, namun kemungkinan tidak dalam waktu dekat. Seperti yang Saya bilang sebelumnya, sebuah teknologi robot seperti pedang, dengan penggunaan yang benar, tentu ia akan menjadi barang yang berguna, namun jika digunakan untuk kejahatan bisa saja digunakan untuk membunuh. Kesimpulannya, sebuah teknologi tetap saja membutuhkan kebijakan penciptanya, disini adalah manusia”.


lanjutannya...

1 komentar:

  1. "keajaiban itu perlu, tapi terlalu banyak keajaiban akan membuatmu malas."


    ekuivalen dengan


    "teknologi itu perlu, tapi terlalu menggantungkan diri pada teknologi akan membuat manusia kehilangan kemanusiannya."



    XOXO,
    Shinlee.

    BalasHapus

Fasilitas Komentar Gratis Yang Disediakan (Siapa Saja Boleh)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...