30 November 2009

Softskill dan Teknologi Informasi

Glek, kaget banget pas denger bakal ada mata kuliah tambahan wajib yang namanya softskill. Sebenernya sih bukan hal baru soalnya dulu pernah ikut Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa trus dikasih deh tuh materi yang namanya Softskill, tapi waktu itu yang diajarin ya seputar bagaimana pembuatan proposal, cara berdiplomasi, cara berorganisasi dan pentingnya kemampuan selain akademik.

Trus apa hubungannya sama dunia IT? Jelas ada, karena Kampus kami mengutamakan dan berbasis IT, maka dalam aplikasi pembelajarannyapun menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh teknologi informasi ini. (Hmm sepertinya ini adalah bentuk "pemaksaan" kepada mahasiswa supaya terdorong untuk tahu dunia IT, jadi ibaratnya tuh mahasiswa "dijorogin" buat kenal yang namanya blog, forum, jangan cuman bisa facebook-an aja).

Jadi inget sama salah satu dosen yang punya cara unik sebelum ngajar mata kuliah Ekonomi Teknik, namanya Pak Budi Hermana, dia buat artikel tentang salah satu bab yang akan dia ajarkan pada hari itu yang judulnya Rp. 100, menarik banget materinya karena materi ajar dituliskan dalam bahasa yang mudah dicerna. Sebelum memulai pelajaran, Pak Budi menyuruh kami untuk membaca artikel yang ia tulis tersebut, alhasil kegiatan pengajaran pada hari itu sangat amat mudah sekali untuk dicerna.

Balik lagi ke mata kuliah softskill, kewajiban pertama yang harus dikerjakan oleh mahasiswa adalah membuat blog pribadi. Huuu, awalnya banyak dari mahasiswa yang mengeluh karena sebagian dari mereka mengatakan bahwa ini tidak ada hubungannya dengan jurusan yang mereka ambil. Tapi tetep aja, mau ngga mau mereka memang harus buat karena blog tersebutlah yang menjadi media atau lembar kerja masing - masing mahasiswa. Untuk semua tugas yang diberikan, mahasiswa harus menerbitkannya di blog mereka masing - masing. Bahkan pada mata kuliah lainnya (selain softskill), beberapa dosen juga menyuruh mahasiswa untuk mengumpulkan tugas mereka dalam bentuk posting-an di blog. Terus yang paling buat mereka semangat adalah pihak kampus bakal milih blog yang aktif untuk update (tidak termasih copas mentah - mentah) dan ada hadiahnya. Otomatis dengan kayak gini mahasiswa pada saingan deh membuat blog mereka menarik.

Selain mahasiswa, para dosen pun otomatis minimal harus tahu gimana cara buka blog (kalo ngga tau parah banget da ah, hehe). Buat mereka yang ngga punya blog pribadi? Masih ada fasilitas Wartawarga, semacam citizen journalism gitu deh, ah ga tau juga? Itu lho semacam web yang berisi tentang tulisan yang ditulis oleh banyak orang dalam satu komunitas, jadi penulisnya itu bisa mahasiswa, staff, dosen dan rektor Universitas Gunadarma (yaiyallah masa rektor ngga boleh ikutan, bisa abiss deh hehe). Konten dari wartawarga ini pun beragam, dari cerpen hingga tugas kuliah dengan aneka subjek pun ada (tapi tetep ga boleh nyangkut SARA), soalnya kalau ketahuan langsung diapus lagian juga tiap postingan yang kita tulis bakal kecantum di database portfolio kita masing - masing.



Gambar homepage wartawarga

Jadi intinya, untuk belajar tuh ngga selalu pake cara konvensional. Dengan sistem blog dan wartawarga ini kita bisa belajar secara vertikal apalagi horizontal karena semua bisa akses satu sama lain kapan saja dan dimana saja. hmm, apalagi sekarang jamannya udah nanjak terus yang namanya teknologi informasi. Ayo kita kemon!

4 komentar:

  1. Wartawarga ini keren! Ah teknologi 2.0 memang memungkinkan siapa saja jadi jurnalis di internet. Semoga sukses!

    BalasHapus
  2. terima kasih nona dita, saya jadi tersanjung oleh kehadiran nona dita yang namanya sudah melambung, terimakasih sudah hadir, saya jadi semangat nih

    BalasHapus
  3. ya..
    smw bisa d siasatin untuk memberi kesempatan k smwnya untuk bs berpartisipasi..
    warta warga mgkn bs dikatakan media untuk mencoba menulis.

    BalasHapus
  4. iya, dengan segala kekurangan yang ada kita buktikan dengan kreatifitas kita . . .

    belajar dan terus belajar

    BalasHapus

Fasilitas Komentar Gratis Yang Disediakan (Siapa Saja Boleh)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...