27 November 2009

Pelatihan SAR


Pelatihan SAR (Search and Rescue) nasional khusus wanita yang pernah kuikuti beberapa tahun lalu merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Bagaimana sibuknya saya pada waktu itu dalam mempersiapkan perlengkapan dan peralatan karena saya akan pergi selama 14 hari ke Cibodas. Acara ini dilaksanakan oleh Yayasan Survival Indonesia yang di ketuai oleh Herry, biasa saya memanggilnya kang heri macan. Dia adalah anggota perkumpulan pencinta alam gunung hutan tertua di Indonesia, WANADRI.

Sebenarnya, kegiatan ini adalah pengenalan dasar kepada para relawan SAR. Kegiatan ini dibagi menjadi dua bagian, 7 hari materi kelas meliputi navigasi, survival, Medical First Responder, organisasi SAR, komunikasi lapangan, dan lain- lain. Dan 5 hari materi lapangan yang dilaksaakan di area Gunung Geger Bentang, saat itu pertengahan tahun sehingga pada malam hari udara sangat dingin. (sebagai informasi, suhu saat musim hujan pada malam hari akan lebih hangat jika dibandingkan dengan cuaca sedang kemarau).

Yang paling kuingat dengan esensi kegiatan pencarian dan evakuasi ini adalah voluntir. Maksudnya, kegiatan ini adalah kegiatan no reward and no punishment. Benar - benar sukarelawan bahkan pengorbanan secara materi dan tenaga harus rela kau berikan dalam pencarian korban.

Bahkan dalam tingkat lanjut, kau akan diajarkan bagaimana mengkordinir anggota kalian dalam melakukan pencarian karena ada struktur organisasi dalam kegiatan ini. Kang Herry yang kutahu ia punya banyak sekali pengalaman dan Kang Pipin, bahkan ia pernah tersesat dalam melakukan pencarian di bukit barisan selama 2 bulan. Sungguh kegiatan yang menguras tenaga dan mempertaruhkan nyawa sendiri.

Badan SAR Nasional sendiri masih dibawah naungan Departemen Perhubungan, bukan lembaga independen seperti KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Anggotanya pun semuanya berasal dari latar belakang yang berbeda - beda namun memiliki satu tujuan sosial yang sama, Search dan Rescue.



Bersambung

1 komentar:

Fasilitas Komentar Gratis Yang Disediakan (Siapa Saja Boleh)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...