30 November 2009

Softskill dan Teknologi Informasi

Glek, kaget banget pas denger bakal ada mata kuliah tambahan wajib yang namanya softskill. Sebenernya sih bukan hal baru soalnya dulu pernah ikut Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa trus dikasih deh tuh materi yang namanya Softskill, tapi waktu itu yang diajarin ya seputar bagaimana pembuatan proposal, cara berdiplomasi, cara berorganisasi dan pentingnya kemampuan selain akademik.

Trus apa hubungannya sama dunia IT? Jelas ada, karena Kampus kami mengutamakan dan berbasis IT, maka dalam aplikasi pembelajarannyapun menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh teknologi informasi ini. (Hmm sepertinya ini adalah bentuk "pemaksaan" kepada mahasiswa supaya terdorong untuk tahu dunia IT, jadi ibaratnya tuh mahasiswa "dijorogin" buat kenal yang namanya blog, forum, jangan cuman bisa facebook-an aja).

Jadi inget sama salah satu dosen yang punya cara unik sebelum ngajar mata kuliah Ekonomi Teknik, namanya Pak Budi Hermana, dia buat artikel tentang salah satu bab yang akan dia ajarkan pada hari itu yang judulnya Rp. 100, menarik banget materinya karena materi ajar dituliskan dalam bahasa yang mudah dicerna. Sebelum memulai pelajaran, Pak Budi menyuruh kami untuk membaca artikel yang ia tulis tersebut, alhasil kegiatan pengajaran pada hari itu sangat amat mudah sekali untuk dicerna.

Balik lagi ke mata kuliah softskill, kewajiban pertama yang harus dikerjakan oleh mahasiswa adalah membuat blog pribadi. Huuu, awalnya banyak dari mahasiswa yang mengeluh karena sebagian dari mereka mengatakan bahwa ini tidak ada hubungannya dengan jurusan yang mereka ambil. Tapi tetep aja, mau ngga mau mereka memang harus buat karena blog tersebutlah yang menjadi media atau lembar kerja masing - masing mahasiswa. Untuk semua tugas yang diberikan, mahasiswa harus menerbitkannya di blog mereka masing - masing. Bahkan pada mata kuliah lainnya (selain softskill), beberapa dosen juga menyuruh mahasiswa untuk mengumpulkan tugas mereka dalam bentuk posting-an di blog. Terus yang paling buat mereka semangat adalah pihak kampus bakal milih blog yang aktif untuk update (tidak termasih copas mentah - mentah) dan ada hadiahnya. Otomatis dengan kayak gini mahasiswa pada saingan deh membuat blog mereka menarik.

Selain mahasiswa, para dosen pun otomatis minimal harus tahu gimana cara buka blog (kalo ngga tau parah banget da ah, hehe). Buat mereka yang ngga punya blog pribadi? Masih ada fasilitas Wartawarga, semacam citizen journalism gitu deh, ah ga tau juga? Itu lho semacam web yang berisi tentang tulisan yang ditulis oleh banyak orang dalam satu komunitas, jadi penulisnya itu bisa mahasiswa, staff, dosen dan rektor Universitas Gunadarma (yaiyallah masa rektor ngga boleh ikutan, bisa abiss deh hehe). Konten dari wartawarga ini pun beragam, dari cerpen hingga tugas kuliah dengan aneka subjek pun ada (tapi tetep ga boleh nyangkut SARA), soalnya kalau ketahuan langsung diapus lagian juga tiap postingan yang kita tulis bakal kecantum di database portfolio kita masing - masing.



Gambar homepage wartawarga

Jadi intinya, untuk belajar tuh ngga selalu pake cara konvensional. Dengan sistem blog dan wartawarga ini kita bisa belajar secara vertikal apalagi horizontal karena semua bisa akses satu sama lain kapan saja dan dimana saja. hmm, apalagi sekarang jamannya udah nanjak terus yang namanya teknologi informasi. Ayo kita kemon!

27 November 2009

Pelatihan SAR


Pelatihan SAR (Search and Rescue) nasional khusus wanita yang pernah kuikuti beberapa tahun lalu merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Bagaimana sibuknya saya pada waktu itu dalam mempersiapkan perlengkapan dan peralatan karena saya akan pergi selama 14 hari ke Cibodas. Acara ini dilaksanakan oleh Yayasan Survival Indonesia yang di ketuai oleh Herry, biasa saya memanggilnya kang heri macan. Dia adalah anggota perkumpulan pencinta alam gunung hutan tertua di Indonesia, WANADRI.

Sebenarnya, kegiatan ini adalah pengenalan dasar kepada para relawan SAR. Kegiatan ini dibagi menjadi dua bagian, 7 hari materi kelas meliputi navigasi, survival, Medical First Responder, organisasi SAR, komunikasi lapangan, dan lain- lain. Dan 5 hari materi lapangan yang dilaksaakan di area Gunung Geger Bentang, saat itu pertengahan tahun sehingga pada malam hari udara sangat dingin. (sebagai informasi, suhu saat musim hujan pada malam hari akan lebih hangat jika dibandingkan dengan cuaca sedang kemarau).

Yang paling kuingat dengan esensi kegiatan pencarian dan evakuasi ini adalah voluntir. Maksudnya, kegiatan ini adalah kegiatan no reward and no punishment. Benar - benar sukarelawan bahkan pengorbanan secara materi dan tenaga harus rela kau berikan dalam pencarian korban.

Bahkan dalam tingkat lanjut, kau akan diajarkan bagaimana mengkordinir anggota kalian dalam melakukan pencarian karena ada struktur organisasi dalam kegiatan ini. Kang Herry yang kutahu ia punya banyak sekali pengalaman dan Kang Pipin, bahkan ia pernah tersesat dalam melakukan pencarian di bukit barisan selama 2 bulan. Sungguh kegiatan yang menguras tenaga dan mempertaruhkan nyawa sendiri.

Badan SAR Nasional sendiri masih dibawah naungan Departemen Perhubungan, bukan lembaga independen seperti KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Anggotanya pun semuanya berasal dari latar belakang yang berbeda - beda namun memiliki satu tujuan sosial yang sama, Search dan Rescue.



Bersambung

Mawar dan Bunga Kertas

Mawar merah itu kini telah mati. Ternyata hujan lebat kemarin malam terlalu deras hingga seluruh mahkotanya yang merah pekat berguguran dan tak bisa ku pasang kembali. Ternyata ia tetaplah bunga, walaupun duri - duri yang menempel di tangkainya memberi kesan tangguh dan kuat. Duri itu hanya menempel saja, tidak Lebih.

Bougenville yang ada disebelahnya hanya bisa diam dan merintikkan embun hujan yang tertampung di mahkota kertasnya. Andai ia punya tangan ia akan mengambil satu per satu mahkota sahabat baiknya itu. Ia sedih bukan kepalang, ia ingat ketika orang - orang yang lewat didepannya pasti akan lebih mengagumi keindahan sahabatnya itu. Padahal ia tahu pasti sang Mawar tidak nyaman diperhatikan seperti itu, itu menurut curahan hati mawar.

Menjadi cantik bukanlah cita - cita mawar. Impiannya adalah menikmati keindahan bumi dan seisinya. Bukan salah hujan ia menjadi gugur bahkan ia bersyukur untuk gugur bersama air hujan. Air hujan itu ramah, katanya. Mawar selalu meyenandungkan Asma Allah bersama sahabat baiknya, bunga kertas. Ada apa dengan mawar lainnya, yah ... ia telah terpetik. Kasihan sekali, hanya digunakan sebagai hadiah atau penghias suasana. Padahal mawar terlihat lebih cantik jika tetap berada di rumahnya.

Kadang lebah menghampirinya dan meminta sedikit bahan untuk dibuat madu. Terkadang sebagai gantinya, mawar minta untuk diceritakan bagaimana rasanya bisa terbang dan bagaimana suasana lingkungan ditempat lebah tinggal. Bunga kertas pun ikut menyimak percakapan dan mereka saling tertawa ketika lebah menceritakan bagaimana petualangannya ketika tersesat mencari sarangnya yang sudah hilang dibawa oleh lelaki paruh baya. Dan menangis bersama ketika induknya yang mempertaruhkan nyawanya untuk menyengat seseorang yang ingin merusak sarangnya.

Namun kini sang lebah sudah tak pernah datang dan mawar kini telah gugur. Dan bunga kertas, ia hanya bisa mendoakan sahabatnya dan bersyukur kepada Allah ia masih bisa menyenandungkan asmaNya.


2007

Gadis kecil yang tak mempunyai wajah cerah itu sedang melihat ramainya suasana gembira didepan rumahnya. ada yang jajan juga ada yang bernyanyi yang diiringi gitar. sungguh gadis itu hanya termangu melihat semua itu dimana teman-temannya bergembira manikmati ramainya kehidupannya dengan riangnya bersama keluarga. segang ia sendiri karena ayahnya belum pulang kerja, ibunya masih menjahit pakaian untuk tambahan uang belanja keluarga.

gadis itu hanya memandangi mereka yang bergembira, hingga kini gadis itu telah mempunyai anak-anak yang sudah besar-besar Lumayanlah untuk ukuran seseorang yang mempunyai kewajiban terhadap anak-anaknya, mulai makan, minum, jajan hingga uang sekolah yang tidak sedikit untuk ukuran seorang saya.

gadis itu sungguh seoran diri dalam merasakan siang malam kehidupan yang selalu dilalui dengan wajah yang tidak ceria.

apa memang sudah menjadi takdirnya untuk menjalaninya kehidupan yang sudah ditetapkan, sungguh dia benar-benar tak tahu kalau itu yang harus dijalani tapi dia selalu menjalani kehidupannya yang tidak ceria hingga kini.

gadis kecil yang dulu itu kini sendiri dengan tanggungan keluarga yang lumayan banyak
air matanya selalu mengalir bila mereka menyakitinya

1. suami
2. konita
3. silmina
4. miftah hazmi
5. majid
6. banowati

Hidup anak manusia yang ingin sempurna

Kejujuran adalah impianku, tapi kenyataan kejujuran menjauhiku, yang ada hanya cinta salah, terlanjur salah, dari awal kejujuran telah menjauhiku. Karena bila seandainya kebohongan jauh, mungkin kebencian, hinaan, keributan, pertengkaran yang (akan) ada diantara hidup ini. Kenyataan memang pahit, pahit sekali sampai tulangku sakit.

Tengah Maret 2003
Ludi Ramdani



Mama yang menulis ini, maaf ya ma, kala itu saya belum mengerti perasaan mama

Impian Manusia Berdosa

Ini adalah tulisan mama, saya beri tag tulisan mama, silahkan membaca

Batu yang keras itu akhirnya harus kuhancurkan dengan tenagaku
Tenaga yang diberikan Allah kepadaku
Batu itu begitu besar
Besar sekali . . .
Harus kuhancurkan untuk menjadi kerikil - kerikil
Air mataku kadang menetes kadang tidak
Keringatku kadang membasahi kadang tidak
Kadang kusapa halus tapi lebih sering tidak
Kusapa, karena tak ada kata yang enak tuk dibicarakan
Hati kami telah dibuat paket hingga beginilah kita, walau apa yang kuhadapi aku butuh kata
Aku butuh mesin penghancur agar batu besar cepat menjadi kerikil
Tapi itu hanya mimpi
Mimpi manusia

Ludi Ramdani

Hiburan Yang Tak Ternilai

Kusadari, Kurasakan, Kumelihat betapa Allah telah menempatkan manusia pada posisi yang tepat, walau bila dihitung, dibayangkan, takkan mungkin tumbuhan hidup tanpa air, tanah yang cukup mengandung air, dimana makanan tumbuhan ada dalam tanah yang mengandung air kenyataannya ada tumbuhan yang bisa hidup di tanah kering dan gersang, tapi hanya tumbuhan saja tanpa nilai dan arti. sebuah tumbuhan memang hidup, tapi daunnya tidak indah, sejuk, enak dipandang mata tidak memberikan keuntungan pada yang lain, tidak seperti pohon yang ada di daerah Kebun Raya Bogor, atau kebun yang lainnya, pohon itu memberikan nilai tinggi, memberikan kesejukkan, daun yang hijau dan rindang sungguh segar, kesegarannya dapat memberikan kesegaran pada yang lainnya. tapi ada juga pohon yang tumbuh di tempat yang khusus yaitu tempat yang indah, sejuk, jadi sekelilingnya indah, cukup sejuk dan cukup sinar matahari, tapi sayangnya bunga itu menyebabkan bau tak sedap atau bau bangkai. Ya itulah, untungnya tumbuhan itu tidak tumbuh di sembarang tempat.

Tengah Maret 2003
Ludi Ramdani

8 April 2007

Hidup bagaikan air...
Tenang, sejuk dan memberi rasa tenteram dan damai

selasa, 8 april 2007
pulang kerja jam 16.00 wib

kepalaku sakit, sudah ku pijat-pijat dengan minyak tawon, namun masih saja sakit.
disinilah aku melihat dosaku yang banyak dan besar yang benar-benar menghantam hatiku.

mutiara-mutiaraku sedang apakah kau?
mungkin aku adalah orang yang egois yang hanya mementingkan diri sendiri tanpa menghiraukan orang lain ,orang tua, saudara dan anak-anaknya sendiri sehingga kau redup, hilang, hancur, bagaikan lilin yang rela berkorban hingga kehancuran menimpanya.

setelah jam 10 malam, mataku pedih hingga aku bingung harus melakukan apa agar aku sehat dan bersemangat untuk mutiara-mutiaraku yang sampai kapan mereka dalam kebingungan dan kebimbangan yang semakin lelah aku melihatnya dan sedih kurasa.

mutiaraku marilah kita berdoa agar kita semua masuk kedalam surga Allah SWT. amin.


25 April 2007

Waktu menunjukkan jam 11.30 tiba-tiba aku terbangun dengan terdengarnya kegaduhan yang terjadi salah satu tanggunganku membuat hatiku kaget dan marah, aku tidak tahu mengapa dia melakukan itu, walaupun aku berusaha membiarkan dia melakukan sesuka hatinya dalam menjalani kehidupannya tapi malam itu sungguh dia membuat aku kaget dan bingung aku harus bagaimana?

26 April 2007
Aku pulang kerja, biasa rumahku penuh dengan kerjaan yang bagiku banyak. tapi yang penting aku siapkan makan untuk mereka-mereka yang menjadi tanggunganku. tapi salah satu anakku membuat aku kesal hingga dia membentakku dengan suara sangat keras kepadaku. Allahuakbar. aku diam, entah sampai kapan aku diam.

Apakah aku harus diam sampai aku mati? Tak ada yang tahu



Ludi Ramdani


I love You Mom
Always . . .

7 September 2008

7 september 2008

Ahad, 7 Ramadhan 1429
sudah pasti iya...
sesaat hatiku bertanya pada diriku sendiri.. " apakah aku berdosa?"

KataNya.. orang yang akan masuk neraka sebenernya sudah tahu akan hal itu namun orang itu fasik, jadi tak akan berpengaruh..
malah akan berpikir bahwa, sudah pasti masuk neraka jadi untuk apa melakukan perubahan?

seperti asap panas yang mengisi rongga dadaku, disaat semuanya telah berlalu...
selintas otakku menyengatkan ide gila tentang "lebih baik sudahi saja semuanya" pergi menyusul umiku tercinta...

tapi apa nanti kata dia?
belum jadi anak yang sholehah sudah mati
mana kontibusinya kepada orang yang paling mulia? maksudku mama
mereka tidak tahu bahwa aku sangat menyayangi mereka,ya ayah, kakak dan adik-adikku.
hingga kurela kuserahkan semua yang kupunya untuk membuktikan bahwa aku benar-benar sayang pada mereka..

namun jika benar aku yang menyusul umiku terlebih dahulu dibanding anggota keluarga yang lain..
aku hanya ingin bilang terima kasih atas segala kasih sayang dan perhatian yang telah kalian berikan padaku
tidak lupa.. dari hatiku yang paling dalam meminta maaf seluas-luasnya atas kata dan sikap yang menyakitkan hati kalian
karena Allah Maha Adil..
kelak segala yang telah kuperbuat pasti akan terbalas sendirian

Aku Bersyukur

Aku bersyukur...
Mendengar anggota keluargaku ngomel-ngomel
dirumah,
berarti aku masih punya keluarga yang utuh
Merasa lelah dan pegal linu setiap sore, sebab itu
berarti aku mampu bekerja keras.
Membersihkan piring dan gelas kotor setelah
menerima
tamu dirumah, karena itu berarti aku dikelilingi
teman-teman.
Pakaianku terasa agak sempit, karena itu berarti
bahwa makanku cukup kenyang.
Mencuci dan menyetrika tumpukan baju, sebab itu
berarti aku memiliki pakaian.
Membersihkan halaman rumah, membersihkan jendela,
memperbaiki talang dan got, karena itu berarti
aku memiliki tempat tinggal.
Duduk kembali di kantor, berarti masih ada
perusahaan
yang mau memperkerjakan aku bahkan perusahaan masih
mampu membayar gaji setiap bulannya.
Mendengar nyanyian suara yang fals, karena itu
berarti aku bisa mendengar.
Mendengar bunyi jam alarm dipagi hari, sebab itu
berarti aku hidup.
Akhirnya... aku perlu bersyukur mendapatkan e-mail
ini, karena tidak sadar aku masih memiliki teman
yang
peduli padaku.
Kirimlah e-mail ini kepada temanmu. Aku baru saja
melakukannya. Seseorang yang peduli tentang aku
telah
mengirimkannya kepadaku .....


Kepada para Wanita yang Cantik......

Seorang anak laki-laki kecil bertanya kepada ibunya 'Mengapa engkau menangis?'

'Karena aku seorang wanita', kata sang ibu kepadanya.

'Aku tidak mengerti', kata anak itu.

Ibunya hanya memeluknya dan berkata, 'Dan kau tak akan pernah mengerti'

Kemudian anak laki-laki itu bertanya kepada ayahnya, 'Mengapa ibu suka
menangis tanpa alasan?'

'Semua wanita menangis tanpa alasan', hanya itu yang dapat dikatakan
oleh ayahnya.

Anak laki-laki kecil itu pun lalu tumbuh menjadi seorang laki-laki
dewasa, tetap ingin tahu mengapa wanita menangis.

Akhirnya ia menghubungi Tuhan, dan ia bertanya, 'Tuhan, mengapa wanita
begitu mudah menangis?'

Tuhan berkata:

'Ketika Aku menciptakan seorang wanita,
ia diharuskan untuk menjadi seorang yang istimewa.
Aku membuat bahunya cukup kuat untuk menopang dunia; namun, harus
cukup lembut untuk memberikan kenyamanan '
'Aku memberikannya kekuatan dari dalam
untuk mampu melahirkan anak dan
menerima penolakan yang seringkali datang dari anak-anaknya '
'Aku memberinya kekerasan
untuk membuatnya tetap tegar
ketika orang-orang lain menyerah,
dan mengasuh keluarganya
dengan penderitaan dan kelelahan tanpa mengeluh '

'Aku memberinya kepekaan
untuk mencintai anak-anaknya dalam setiap keadaan, bahkan ketika
anaknya bersikap sangat menyakiti hatinya '

'Aku memberinya kekuatan
untuk mendukung suaminya dalam kegagalannya dan melengkapi dengan
tulang rusuk suaminya untuk melindungi hatinya '
'Aku memberinya kebijaksanaan
untuk mengetahui bahwa seorang suami yang baik takkan pernah menyakiti
isterinya, tetapi kadang menguji kekuatannya dan ketetapan hatinya
untuk berada disisi suaminya tanpa ragu '
'Dan akhirnya,
Aku memberinya air mata untuk diteteskan.
Ini adalah khusus miliknya
untuk digunakan kapan pun ia butuhkan.'

'Kau tahu:

Kecantikan seorang wanita
bukanlah dari pakaian yang dikenakannya, sosok yang ia tampilkan, atau
bagaimana ia menyisir rambutnya.'
'Kecantikan seorang wanita
harus dilihat dari matanya,
karena itulah pintu hatinya -
tempat dimana cinta itu ada.'

Kirimkan ini kepada
setiap wanita cantik yang Anda kenal hari ini untuk memperingati Bulan
Sejarah Wanita.
Jika Anda lakukan,
sesuatu yang baik akan terjadi.
Anda akan menambah harga diri wanita!
Karena setiap
Wanita itu Cantik.

Kirimkan juga kepada para pria
agar senantiasa dapat menghormati wanita, siapapun mereka
ibu,istri,kekasih, kakak,adik dan bahkan wanita yg tidak ia kenal yg
kebetulan berada didekatnya

" ... MENGGALI MASA LALU, MENGUAK JATI DIRI ... "

Tulisan ini sebenarnya saya ambil dari home page nya senior saya di MAPA. Namanya Riky Oktavianus

" ... MENGGALI MASA LALU, MENGUAK JATI DIRI ... "

ada yang panggil Udaiky, ada yang kenal dengan nama Rimba Raya,ada lagi yang panggil Oktavianus Riva,sebagian kenal Tjiga,sebagian lagi kenal Riky,teman teman yang lain panggil ROY

who I am ....?
saya adalah seseorang yang menginginkan mati muda dan berprestasi, tapi karena gak banyak yang saya hasilkan dari prestasi maka saya belum mau mati dulu.
saya adalah saya, seseorang yang menjalani hidup seperti air yang mengalir.
ikut arus, terbawa arus, atau melawan arus...
saya menjalani hidup lepas lepas saja ... itu yang orang lain tahu.
itu pasti ...
karena saya sendirilah yang tahu hidup saya

"kapal goyang kapten...!!!".
tali mengalami friksi terkena cadasnya tebing.
perahu mengalami FLIP saat memasuki jeram.
bohlam mulai redup memasuki goa.
kedinginan dan tersesat di lebatnya rimba
rekan seperjalanan mengariskan tangan dileher ketika berada di kedalam laut ...
angin tidak berhembus saat melakukan windsurfing
Dalam kehidupan hal hal tersebut pernah datang juga pada diri saya secara klise atau nyata tapi bagaimanapun tetap saya harus bersukur karena Tuhan maha adil.

"langit biru terlihat tinggi dan indah disaat cerah"
untuk beberapa orang saya meningalkanya, karena saya mencintainya ...

jadi siapa saya ..?
saat ini saya adalah ULAT
dan yang saya mahu saat ini cuman jadi TAI beneran karena yang lain gak ada Taik-taiknya
so who was I ?
I am David Weeb(BOURNE).

untuk sesuatu yang indah dan menakjubkan ... saya cuman mau kembali ...!!!

satu ilmu satu guru dilarang saling mengganggu.
data data diatas adalah data pribadi dan rahasia jadi jangan sampai jatuh kepada para pendekar berwatak jahat .



Jikalah pada akhirnya . . .


Kawan, pernahkah kau merasakan sebuah penderitaan yang sangat? Barangkali rasanya seperti ingin mati saja, ya! Seperti apa sih, rasanya ditinggal oleh seseorang yang kita cintai? Mungkin kita akan meratap berhari - hari, mengenang masa - masa bersamanya dan berharap semua telah berlalu kembali lagi, berangan andai mereka tak pernah pergi.

Kawan, bagaimana rasanya diliputi benci dan kemarahan? Ah, seperti mau meledak dada kepala. Inginnya memuntahkan segala kekesalan sepuas - puasnya. kawan, pasti kita pernah gagal, saat itu, rasanya dunia sudah tertutup bagi kita. Tak ada lagi semangat apalagi tekad. Kita pun mandeg, malas untuk bergerak lagi. Kawan, semua kita pernah berbuat dosa. Sering kita sadar dan menyesal, tapi kita sanggup keluar dari padanya.

Kawan, aku percaya, ketika waktu berjalan dan semua itu berlalu, engkau akan melihat dengan pandangan berbeda. Bisa jadi, engkau mersakan penderitaanmu dulu tidak sehebat engkau kira. Masih banyak orang lain yag lebih menderita. Mungkin saja engkau melihat kemarahan dan kebencianmu tidaklah belum ada apa - apanya. Barangkali kesalahan dan dosa itu akan membuat kita bisa melihat dan menghayati kebenaran.

Kawan, seiring waktu berjalan, pikiran kita tumbuh. Perasaan kita berubah. Jika demikian halnya, mengapa kita biarkan diri tenggelam sedangkan ia akan menjadi masa lalu pada akhirnya.

Jikalah Derita akan menjadi masa lalu pada akhirnya, mengapa mesti dijalani dengan sepedih rasa, sedang ketegaran akan lebih dikenang nanti.

Jikalah kesedihan akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa tidak dinikmati saja, sedang ratap tangis tak akan mengubah apa - apa.


Jikalah luka kecewa akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti tenggelam didalamnya, sedang taubat itu lebih utama.

Jikalah harta akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti menjadi ingin kukuhi sendiri, sedang kedermawanan justru akan melipatgandakannya.

Jikalah kepandaian akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti membusung dada, sedang dengannya manusia diminta memimpin dunia.


Jikalah cinta akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti ingin memiliki dan selalu bersama. Sedang memberi akan lebih memiliki arti.


Jikalah bahagia akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti dirasakan sendiri, sedang berbagi akan membuatnya lebih bermakna.

Jikalah hidup akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa diisi dengan kesia - siaan belaka, sedang begitu banyak kebaikkan bisa dicipta

24 November 2009

Terima Kasih Gunadarma

Terima Kasih kepada Universitas Gunadarma atas apresiasi yang telah diberikan kepada saya. Saya sangat tidak menyangka jika blog saya ada diperingkat pertama bulan ini. Ini merupakan penghargaan yang luar biasa bagi saya dan menjadi motivasi saya untuk bisa meningkatkan kualitas tulisan saya walaupun beberapa kontennya merupakan saduran dari site - site tetangga.

Harapan saya adalah semoga konten blog ini dapat banyak memberi manfaat kepada anda para pembaca yang tiba - tiba saja nyasar ke sini atau bahkan pembaca setia (ngarep lo!).

Ayo Kita Kemon
Ayo Kita Nulis

23 November 2009

Wonderful Tonight

Lirik lagunya sederhana, alunan lagunya sederhana, suaranya sederhana maka dari itu aku suka

It's late in the evening
She's wondering what clothes to wear
She puts on her make up
And brushes her long blond hair
And then she asks me
Do I look alright
And I say yes, you look wonderful tonight

We go to a party
And everyone turns to see
This beautiful lady
That's walking around with me
And then she asks me
Do you feel alright
And I say yes, I feel wonderful tonight

I feel wonderful
Because I see the love light in your eyes
And the wonder of it all
Is that you just don't realize
How much I love you

It's time to go home now
And I've got an aching head
So I give her the car keys
She helps me to bed
And then I tell her
As I turn out the light
I say my darling, you were wonderful tonight
Oh my darling, you were wonderful tonight

For You

Ini tulisan untuk orang yang baru saja membuat orang tuanya terdiam, dan mulai berfikir untuk pergi dari rumahnya.

Seketika sang ayah tak kuasa meredam amarah kepada sang anak, anak yang paling diperhatikannya, anak yang dibanggakannya dengan kepintarannya, dengan pemahaman hakikat namun belakangan ternyata teori dan aplikasi adalah 1 : 50, 50 untuk teori, dan 1 untuk aplikasi (bahkan saya tidak tahu ini angka 0 atau 1 seharusnya). Seorang anak yang tergolong tinggi untuk IQ nya, namun nol untuk yang lainnya mulai berfikir jika kuliah dan pengetahuan ia dapat dari apa yang ia baca adalah sesuatu yang harus menjadi prioritas utama dalam kesehariannya. Jadi untuk kepedulian antar lingkungan mungkin ia berfikir bukan sesuatu yang menjadi bagian dalam hidupnya. Tidak sadar bahwa akibat kebiasaan dia telah merusak ekosistem untuk anggota keluarga yang lainnya. Seolah sikap individualis semakin meradang di alam bawah sadarnya. Ia tidak sadar bahwa dengan kebiasaannya dia telah membuat anggota yang lainnya tersinggung, tentu saja karena merasa dianggap sebagai orang yang harus mengerjakan pekerjaan akibat ulahnya. (baca : pembantu).

Apa yang membuat kau berani melakukannya, sebelumnya dengan sadar saya mengakui bahwa saya pun juga pernah membuat orang tua saya merasa sakit hati dan merasa tidak dianggap. Tapi percaya atau tidak, saya ini sangat sayang kepada mereka, bahkan dalam beberapa hal, seringkali saya menyisipkan nama mereka dalam doa - doa saya. Namun kali ini berbeda, orang tua ini merasa sakit yang dalam, bahkan sulit baginya untuk mengeluarkan air mata. Terakhir, air mata yang saya lihat ketika istrinya tiada.

Mengenai sang istri, ia meninggal dunia dengan sebab yang jelas, yaitu kecelakaan pada saat dibonceng motor oleh si anak tadi. Bukannya mau menyalahkan, yang saya tahu sang istri ini paling takut untuk dibonceng motor, bahkan 40 km/jam adalah kecepatan maksimal baginya. Terakhir saya bonceng, jarum speedometer selalu berada sebelum angka 40. Dengan motor dengan cc yang besar itu ia mengantarkan, entahlah apa yang ada dibenaknya saat mengantar yang kuyakin memang si istri ini sangat ketakutan (itu yang kurasakan pada saat itu), mendapat kabar seperti itu saya pun tidak terlalu terkejut karena memang dulu pun pernah si istri ini jatuh dengan motor yang lainnya.

Perasaan bersalah, itu pasti yang terngiang di dalam hati dan kepalanya, bagaimana tidak, ia tidak menyangka sang istri ini langsung tidak sadar hingga 11 hari.

Setiap hari saya merasa malu untuk meminta uang kepada bapak, saya yang berumur 20 namun belum mandiri secara finansial. Saya sangat berterima kasih karena bapak belum lelah untuk bekerja, saya bersyukur Engkau memberikan tempat yang tidak terlalu menguras tenaga bapak seperti kuli bangunan atau kuli panggul. Hidup sederhana membuatku sadar bahwa Eat, pray and Love kian nyata.

Sadarlah dengan yang kau perjuangkan atas nama intelektualitas itu telah mengikis norma - norma. Bagaimanapun juga, paling tidak anggaplah orang tuamu sebagai manusia, Toleransi. Angap lah ada orang yang rela menyisihkan uangnya untuk keperluan anda sehari - hari.

Jika saya bertanya, "Bagaimana jika ada orang yang dengan senang hati bekerja dan membagi penghasilannya setiap hari kepada anda?", tentu anda akan merasa hormat bukan terhadap mereka?, jangankan korupsi, bahkan ia ingin anda merasa cukup, bahkan mengenyampingkan segala kesenangannya dan menjadikan pekerjaannya sebagai rutinitas yang anda anggap sebagai tanggung jawab mereka. Jika begitu adanya, Anda tidak lain adalah sebagai penghianat, tidak heran ada peribahasa "air susu dibalas dengan air tuba".

Penjilat saat suasana tenang
dan menjadi berdebah disaat yang tidak tepat

Saya brengsek, namun progres menuju kuadran positif kian mendekat


14 November 2009

Senangnya

Ternyata jurnal pertama kami lolos seleksi
Perbandingan performansi modem ADSL berdasarkan spesifikasi produk, melelahkan namun terbayarkan. Tidak hanya satu, namun tiga sekaligus. ISIT 2009, SNASTI 2009 dan SESINDO 2009. Saya, Dewi dan Hafidzah. Terima kasih ya kawan, atas kerja sama kita, waktu kita, lelah kita, minggu kita, YM kita, hahahaha . . .

Koruptor



Awal tahun dikejutkan oleh kasus pembunuhan yang menyeret seorang yang merupakan Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), sejak awal saya beranggapan ini hanyalah ulah para koruptor yang ingin melengserkan lembaga yang dianggap menjadi benalu. (Entahlah itu kan opini saya). Dan yang paling mengejamkannya adalah, si pelaku ini menjadikannya kasus pembunuhan dengan motif asmara (sungguh memuakkan), apalagi si wanita yang konon menjadi rebutan adalah mantan caddy. ya ampun.

KOruptoor . . . Koruptor, dari dulu sampai sekarang masih ada idup, itu virus apa jamur yang udah jadi kerak ya?, dari mahasiswa yang dulunya demo karena korupsi pun mungkin sekarang ada juga yang menjadi jajaran para koruptor.

Untuk apa? Untuk uang kah?
Mau beli apa sih emangnya duit yang trilyunan itu?
Mau makan apa sih emangnya?
Mau beli mobil yang kaya apa?
Mau beli kaos yang gambarnya apa?
Mau beli jajanan apa?
Mau jalan - jalan ke negara apa?
1 milyar untuk setahunpun masih terlalu berlebihan rasanya

Wahai koruptor, katakan padaku
Apakah istrimu yang menuntut uang yang banyak?
Apa kabarnya dengan rasa menerima "apa adanya" saat kalian menikah?
Lucu deh lo!
Apakah anak - anak kalian menuntut kalian untuk ini dan itu?
Apa kabarnya dengan pendidikan anak kalian di sekolah mahal mereka? Tentang kesederhanaan dan tenggang rasa?
Soalnya cuma mau kasih tau, itu duit yang kalian korupsiin itu duit seharusnya untuk kesejahteraan kita semua.

Aku bukan orang KPK
Bukan sama sekali

Stop!

Berhentilah mengoceh dengan bau tembakau dimulutmu
Sadarlah kau itu menyebabkan racun berterbangan
Masuk ke paru - paruku
Bahkan racunku lebih banyak tertibun sekali saja kau hembuskan nafasmu yang bau itu
Hey, jika kau ingin mati akibat racun yang kau beli dengan uang orang tuamu, matilah sendiri
Berikanlah orang yang ada disekitarmu itu udara tanpa racunmu

Bangga?!

Mengapa kau bangga sekali menjadi seorang yang brengsek
Saat orang lain menatapmu dengan senang
Apakah itu tatapan setuju, ataukah sekedar formalitas
Supaya terlihat eksis
Tetap saja ia terlihat brengsek dimata saya
Saya benci orang yang bangga dengan kebrengsekannya
Saya benci ketika ia memelas dengan wajah yang tanpa dosa yang terlihat memuakkan
Saya tidak tahu obat keras macam apa yang bisa menyembuhkan penyakit brengsek
Kesalahan genetik kah?
Atau memang ia bermutasi atas kehendaknya?
Saya brengsek
Dan saya tidak bangga

11 November 2009

Sendiri

terima kasih kesendirian, aku hidup denganmu
namun beberapa menghampiri kita
sehingga kita tak sering untuk bercakap bersama
namun saat denganmu aku merasa semua orang tak pedulikanku
aku pun mulai pusing karena terlalu lelah bercakap denganmu
meladeni segala ceritamu yang terkadang membuatku sedih
sedih sekali sampai - sampai mata ini basah dibuatmu

akan tetapi, engkau datang disaat aku sedang menunggu
disaat seharusnya aku bersama teman - teman
engkau selalu menemaniku disaat semua rang yang kuinginkan hadir tapi tak kunjung muncul
sehingga kau dengan cepat menyapa ku
lalu kita selalu bernostalgia
tentang cerita lama
cerita cinta
terkadang derita
bagaimanapun kuingin berterimakasih padamu
wahai teman sejatiku
kesendirian

Terima kasih ya Ma!

Terima kasih karena telah hadir disetiap mimpiku minggu ini
Terima kasih karena telah tersenyum
Terima kasih atas jalan - jalan yang menyenangkan
Terima kasih atas perhatian yang mama berikan

Mama bukan Ibu yang sempuna
Tapi Mama adalah Mama
Mama yang saya butuhkan
Tak perlu menjadi seperti Ibu yang lain
Tetaplah seperti Mama yang sekarang
Saya bangga dengan Ibu yang seperti Mama
Mama yang tabah
Mama yang selalu bangun kesiangan
Mama yang diakhir minggu dihabiskan dirumah, untuk tidur sepuasnya
Mama yang selalu berusaha masak ketika hari libur
Mama yang jarang ke salon
Mama yang sungkan untuk ikut arisan
Apalagi senam pagi
Mama yang pengen punya karaoke set lengkap dengan peredam suara

Haha, lucu kalau ingat!

Saya doakan mama disana bahagia
Ya Allah, kumohon jaga ibuku yah
Love You

05 November 2009

Ya Allah berikanlah hamba keajaiban
Karena hamba adalah mahluk yang tak punya apa - apa

03 November 2009

Bahagia dan Derita

Aku berhenti berharap
Dan menunggu datang gelap
Sampai nanti suatu saat
Tak ada cinta kudapat
Kenapa ada derita
Bila bahagia tercipta
Kenapa ada sang hitam
Bila putih menyenangkan

Kenapa ada derita Bila bahagia tercipta?
hmmm kalo kata gue sih itu menunjukkan kesempurnaan-Nya sebagai pencipta. Sempurna karena membuat itu semua menjadi selaras dan masuk akal, bahagia ada karena derita begitu sebaliknya. Karena sesungguhnya karena kerelatifanlah semuanya menjadi dua sisi yang berbeda. Derita dan bahagia hanya penilaian manusia itu sendiri. Jika tidak sesuai dengan keinginan maka hal tersebut menjadi derita bagitu pula jika hati kita merasa nyaman dan semangat, hal itu menjadi bahagia. Namun bagaimana kita menjadi bahagia tanpa ada yang merasa menderita? Saya rasa itu sebaiknya yang harus kita lakukan


02 November 2009

Eat, Drink and Pay

Bersyukur atas segala nikmat yang kurasakan hingga saat ini, lidah ini masih berfungsi sangat baik sehingga rasa makanan melengkapi kebutuhan makan saya.

Terima Kasih Allah

Enam tahun

Merasakan waktu terlalu cepat berputar
Seketika sekarang saya mulai memikirkan masa - masa ketika duduk di SD
Bermain benteng
Pura - pura lupa mengerjakan PR
Jajan 200 perak
Naik angkot 100
Bakwan 50
Es teh mambo 50
Tas Snoopy biru tua
Ingat Bu Yeni, Bu Yuli, Pak Siagian, Pak Tri, Pak Joko
Masa SD ku banyak bertemu dengan mereka
Saya ingat ketika pulang terakhir karena belum bisa mengerjakan soal pembagian
Sabetan Rotan di betis saat tidak mengerjakan PR
Mengerikan sekali
Ya
Saya ingat saat bagaimana anehnya pemilihan ketua kelas
Sang Guru menentukannya dari tinggi badan
Lucu sekali
Betapa anehnya saya saat berpapasan dengan murid baru
Bibir yang berdarah saat bertubrukan dengan kepala teman
Rasa pegal yang amat sangat ketika Upacara bendera
Hey, Saya ingat semuanya

Rindu Hutan

Gemericik air selalu membuatku rindu ke hutan gunung
Apalagi kalau suasana setelah hujan
Bau rumput dan tanaman ilalangnya seperti aroma terapi, segar sekali
Suara monyet - monyet yang bergelantungan
Serangga yang berterbangan mencari cahaya matahari pagi
Suara jangkrik yang bersahutan
Tanah yang lembab
Hijau yang banyak
Suhu diatas ketinggian 1500 mdpl
Sejuk sekali
Saya rindu keributan saat beranjak mempersiapkan sarapan
Nasi yang agak keras
Mie goreng, kering kentang dan rolade
Teh hangat dan kopi susu
Sambil berbincang mengenai kegiatan hari itu


Terima kasih atas wejangan engkau wahai hutan gunung tropis

Ngobrol - ngobrol aja

Perbincangan yang sangat menarik yang kudapatkan dari seorang guru SD Negeri di salah satu kota di JABODETABEK

Saya : "Gimana Bu rasanya ngajar anak jaman sekarang?"
Guru: "Anak sekarang mah ngga ada yang pandai dan cerdas, yang ada mah anak - anaknya pada Pinter, pinter boongin gurunya, pinter ngeles, bandel dan susah diatur"

Saya : "Ah masa sih bu, bukannya malah pinter? kan udah ada teknologi yang lebih maju Bu?"

Guru : "Iya bener, tanya aja nih ama Ibu Ini kalo ngga percaya " (lalu ia menegaskan bahwa memang bener tuh kalo anak SD jaman sekarang bener - bener susah diatur

Guru 2 : "Iya bener, orang kalo upacara aja kalo dulu mah pada anteng - anteng ngga ada yang ngobrol, eh kalo sekarang mah pada bercanda, jambak - jambakan malah"

Saya : "ooo gitu ya Bu"

Terus maksudnya apa gue nulis - nulis?
Gue ndiri juga bingung

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...