23 Oktober 2009

Simulasi Caving ~ Kenangan AMMG

Ki - Ka (Saya, Habib, Agus, Edy, dan Syahrul)

Ini waktu lagi istirahat di salah satu chamber (ruangan besar seperti kamar di dalam Gua) yang ada di Goa Cikenceng - Tajur - Jawa Barat ini asyik buat para pemula seperti saya waktu itu karena termasuk Goa Horisontal. Dinamakan Gua Cikenceng karena di dalamnya ada chamber terbesar yang bentuk langit - langitnya seperti penggorengan yang dibalik, karena dalam bahasa sunda kenceng berarti penggorengan. Lelah yang jelas iya, soalnya eksplorasi dilakukan skitar pukul 03.00 WIB, jalan dari basecamp Linggih Alam (Sekretariat setempat) sekitar 2 Km. Sayang kamera yang kami bawa adalah jenis kamera saku biasa dengan ASA 200 sehingga ornamen tidak terlihat besar. Tapi seru bisa ngerasain yang namanya gelap abadi, bayangin aja tanpa penerangan naro tangan didepan mata juga ga keliatan. Ini baru yang namanya dark.

Ki - Ka ( agus, Edy, Nonik, Saya, dan Duh lupa!)
Yap, untung lagi musim kering pas explore jadi pas di lorong yang ini ga ada airnya. Biasanya lorong ini akan berisi air hingga se-leher. Seperti yang kita lihat, untuk melewati lorong sekitar 10 meter ini dibutuhkan teknik jalan jongkok, (ga sia - sia deh olahranga dikampus jalan jongkok 200 meter).

(Saya dan sang Kepala Divisi Caving yang super narsis!)
Kalo yang ini beda ama yang Gua yang diatas, kalo yang ini saya berfoto di finish point di Goa Tanah Beureum - Tajur. Lumayan menguji nyali, dan butuh waktu dari pukul 12.00 WIB untuk memasang anchor, Pukul 18.00 WIB turun ke pitch pertama, dan butuh waktu hingga pukul 23.00 WIB untuk sampai disini. dan harus melewati 5 pitchdan akhirnya harus sendiri menemui tim darat sendiri karena yang waktu operasi melebihi batas maksimal yang kami tetapkan sebelum turun. (~hmmm sendiri ditemani senter 20 ribuan melewati 4 pitch Climb and rappeling alone sekitar 200 meter~~)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fasilitas Komentar Gratis Yang Disediakan (Siapa Saja Boleh)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...