30 Oktober 2009

Aku suka - Fur Elise

Nyadur dari : wikipedia

Für Elise (dari bahasa Jerman; “For Elise” ; “Untuk Elise” ) adalah nama yang populer untuk “Bagatelle in A minor”, WoO 59, sebuah musik piano solo karya Ludwig van Beethoven, ditulis sekitar tahun 1810.
[sunting] Elise yang misterius

Para peneliti Beethoven tidak tahu siapa sebenarnya Elise yang dimaksud. Teori yang terkenal mengatakan bahwa pada mulanya karya tersebut berjudul “Für Therese”. Therese yang dimaksud adalah Therese Malfatti von Rohrenbach zu Dezza (1792-1851), wanita yang ingin dinikahi Beethoven tahun 1810. Sayangnya, ia menikahi pria lain sebelum Beethoven menyatakan perasaan cinta kepadanya. Ia adalah puteri dari saudagar dari Wina, Jacob Malfatti von Rohrenbach (1769-1829). Ketika karya tersebut dipublikasikan tahun 1865, penemunya, Ludwig Nohl, salah menyalin judulnya sehingga menjadi “Für Elise”. Autographnya hilang.

Melodi Für Elise yang terkenal menjadi petunjuk inisial wanita yang dicintai Beethoven. Melodinya dimulai dengan nada E – D# – E, atau enharmoninya E – E♭ – E, yang mana dalam bahasa Jerman sama dengan E – Es – E, huruf yang menjadi nada lagu dari nama ThErESE atau bahkan EliSE.

Dengan durasi 3.31 menit, awalnya lagu ini mengingatkan saya pada film kartun Tom & Jerry, dimana si Tom menjadi seorang pianis yang sedang mengadakan konser, akan tetapi si Jerry yang merasa terganggu tidurnya malah melancarkan aksi - aksi-nya agar si Tom berhenti memainkan piano. Tapi endingnya selalu Jerry yang menjadi pemenangnya, kasihan si Tom. Kalau di usut - usut sebenarnya yang salah itu ya si Jerry, ngapain juga dia tinggal di dalam piano kalau mau tenang. (sebel juga nih lama - lama ama yang namanya Jerry).

Terima kasih Beethoven untuk membagikan lagu ini kepada kami semua. Ini karya yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fasilitas Komentar Gratis Yang Disediakan (Siapa Saja Boleh)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...