19 Juli 2009

Cari Tau Tentang Sakit Punggung

Tahukah Anda bahwa tanpa kita sadari banyak organ tubuh kita bekerja 24 jam non-stop? Punggung adalah salah satunya.

Dalam keadaan tidurpun, punggung tetap menjalankan fungsinya untuk senantiasa menjaga postur tubuh kita.
Mengingat punggung bekerja selama 24 jam, seringkali kita lupa memberinya perhatian. Coba hitung berapa kali anda olah raga dalam seminggu, merasa stress atau berapa menit anda berdiri atau duduk dalam sehari?. Semua jawaban pertanyaan diatas sangat berhubungan dengan kesehatan punggung Anda.

Punggung tersusun dari 24 uah tulang yang disebut vertebrae (tulang belakang). Masing-masing vertebrae dipisahkan satu sama lain oleh bantalan tulang rawan atau diskus. Seluruh rangkaian vertebrae ini membentuk tiga buah lengkung alamiah, yang menyerupai huruf S.

Lengkung paling atas disebut juga segmen servikal (leher), kemudian diikuti segmen toraks (punggung tengah) dan yang terbawah yaitu lumbar (punggung bawah). Lengkung lumbar bertugas untuk menopang berat seluruh tubuh dan pergerakan.

Postur tubuh yang baik akan melindungi kita dari cedera sewaktu melakukan gerakan karena beban disebarkan merata keseluruh bagian tulang belakang. Postur tubuh yang baik akan diperoleh jika telinga, bahu dan pinggul berada dalam satu garis lurus nke bawah.

Komponen punggung

Otot punggung ditunjang oleh punggung, perut, pinggang dan tungkai yang kuat dan fleksibel. Semua otot ini berfungsi untuk menahan agar tulang belakang dan diskus tetap dalam posisi normal. Kelemahan pada salah satu otot akan menambah ketegangan pada otot lain dan akhirnya menimbulkan masalah punggung.

Diskus. Bantalan tulan rawan yang berfungsi sebagai penahan goncangan ini terdapat diantara vertebrae, sehingga memungkinkan sendi-sendi untuk bergerak secara halus. Tiap diskus memiliki bagiam tengah seperti bunga karang (berongga kecil-kecil) dan bagian luar yang keras dan mengandung serat saraf untuk rasa nyeri.

Juga terdapat cairan yang mengalir kedalam dan keluar diskus. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas sehingga memungkinkan punggung bergerak bebas. Diskus yang sehat bersifat elastis, mudah kembali ke bentuk semula jika tertekan diantara kedua vertebrae.

Pada saat tidur, sangat sedikit cairan yang keluar dari diskus. Itulah sebabnya kita sering mengalami kekakuan otot ketika baru bangun tidur. Gerakan mendadak yang dilakukan sewaktu baru bangun tidur dapat mengakibatkan cedera punggung.

Perusak punggung

Banyak orang yang tidak menyadari kalau mereka sesungguhnya selalu mempekerjakan punggungnya setiap kali duduk, berdiri ataupun berbaring. Jadi punggung bekerja non stop selama 24 jam sehari. Buruknya postur tubuh, kegemukan (obesitas) dan gerakan yang kurang benar selama bertahun-tahun, akan mengakibatkan kelainan pada otot dan diskus, bahkan bisa berakibat nyeri punggung.

Beberapa penyalahgunaan punggung :

1. Stress.
Punggung sangat sensitif terhadap ketegangan otot akibat stress sehari-hari. Dalam keadaan lemah dan kaku, otot punggung mengalami spasme (kejang). Kondisi ini menyebabkan aliran darah yang mengangkut oksigen menjadi terhambat, sehingga otot kekurangan oksigen. Akibatnya, penderita mengalami nyeri yang semakin parah jika tidak segera ditangani dokter.

2. Postur tubuh yang buruk.
Postur tubuh yang kurang tepat menyebabkan lengkung tulang belakang tidak berada dalam satu garis lurus sehingga mudah cedera dan menimbulkan kelainan premature pada diskus. Diskus yang rapuh tidak lagi mampu menjadi bantalan vertebrae. Kelainan akibat postur tubuh yang buruk yaitu tulang belakang terlalu melengkung ke depan atau belakang.

3. Kurang Olahraga.
80 % kasus nyeri tulang punggung disebabkan karena buruknya kelenturan (tonus) otot atau kurang berolahraga. Otot yang lemah, terutama pada daerah perut, tentu tidak mampu menyokong punggung secara maksimal.

4. Cedera dan ketegangan otot.
Gerakan memutar, membungkuk atau mengangkat beban berat yang tidak dilakukan secara benar, akan mengakibatkan ketegangan pada otot atau cedera ligamen (jaringan eleastis yang menjaga kestabilan tulang). Hal yang sama juga dapat terjadi akibat gerakan secara mendadak dalam berolahraga, misalnya ketika berganti atau arah.

5. Osteoarthritis.
Proses penuaan menyebabkan diskus keluar (menonjol) dari tempat semestinya dan menghasilkan pertumbuhan tulangbaru seperti taji yang menimbulkan radang sendi disertai nyeri. Postur tubuh dan perawatan tulang belakang yang baik biasanya dapat meredakannya.

Mengatasi nyeri punggung

1. Jauhi stress, belajarlah bersikap rileks dan sejenak menjauhi rutinitas.
2. Mempelajari cara mengangkat beban, berdiri, duduk dan berbaring dengan benar.
3. Olahraga teratur, bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan otot-otot dan sendi punggung.
4. Jalani gaya hidup sehat, dengan belajar mengatasi stress dan menjaga berat badan seimbang.


Osteroporosis

Osteroporosis atau keropos tulang adalah penyakit dimana tulang menjadi rapuh, tipis dan keropos dan mudah patah sebagai akibat berkurangnya kerapatan atau masa tulang karena bertambahnya usia seseorang. Kondisi ini sering terjadi terutama pada tulang daerah pinggul, tulang belakang dan pergelangan tangan dan bagian tulang yang lain. Pinggul yang patah hampir selalu memerlukan opname dan tindakan operasi besar, mempengaruhi kemampuan berjalan, menyebabkan cacat tetap, bahkan kematian.

Keretakan tulang belakang juga mempunyai akibat serius, antara lain berkurangnya tinggi badan, sakit punggung dan kelainan bentuk tubuh. Datangnya penyakit ini sering tidak disadari dan baru diketahui secara kebetulan, misalnya saat kita mengangkat beban yang berat, terbentur atau jatuh yang mengakibatkan tulang menjadi retak atau rusaknya ruas tulang punggung.

Kerusakan ruas tulang punggung awalnya bisa jua terjadi dengan adanya keluhan berupa sakit punggung yang menjengkelkan, berkurangnya tingi badan atau kelainan bentuk tulang belakang seperti kebongkokan atau postur tubuh yang melengkung. Karena itu osteoporosis sering disebut sebagai pembunuh diam-diam.
Mengatasi Sakit Punggung

Hampis semua penyebab sakit punggung adalah ketegangan otot punggung bagian bawah.
Tujuan perawatannya ada dua : menghilangkan rasa sakit dan mendukung penyembuhan.
Bicarakan pada dokter tentang pilihan ini.

Istirahat di tempat tidur

Istirahat ditempat tidur adalah cara penyembuhan kuno dan yang paling efektif untuk mengatasi sakit punggung karena berbaring bisa mengurangi tekanan pada punggung. Begitu tekanan dikurangi, penyembuhan dimulai. Selain tu juga istirahat ditempat tidur juga mencegah pembengkakan atau peradangan punggung. Pada umumnya waktu istirahat yang tepat adalah dua sampai tiga hari. Di luar itu otot – otot punggung Anda akan lemah dan tak terkondisi dengan cepat. (Dan kelelahan otot sering kali mejadi penyebab pertama pada sakit punggung).

Agar proses istirahat ditempat tidur bisa efektif:
• Bangun hanya jika perlu. Berkeraklah secara berlahan lahan dan teratur, putar tubuh Anda pada satu sisi, jatuhkan kaki anda ke lantai dan kemudian dorong tempat tidur anda dengan tangan Anda.
• Untuk menghilangkan ketegangan pada punggung bagian bawah, tempatkan bantal dibawah lutut atau berbaring dengan lutut tertekuk.


Obat—obatan

Obat-obatan penghilang rasa sakit bisa menghilangkan sakit punggung secara temporer, tapi tidak bisa menghilangkan gangguan gangguan punggueng secara permanen.
• Aspirin atau salah satu agen-agen anti bembengkakan non-steroid, seperti ibuprofen, bisa mengurangi pembengkakan dan sensasi sakit. (minum aspirin dengan antisid atau dalam bentuk lain dapat mengurangi sakit perut yang berhubungan dengannya.
• Pelentur otot-otot (hanya tersedia bila dibeli dengan resep) bisa menyembuhkan kekejangan otot yang menyakitkan dan menjadi istirahat ti tempat tidur jauh lebih nyaman.
Kadang kala dokter juga memberi resep obat analgesik yang lebih kuat yang mengandung codeine.

Terapi Kompres Dingin
Kecelakaan pada punggung bisa menyebabkan bocornya jaringan darah sehingga membuat luka lebam.kopres dingin menghalangi proses pelebaman pada kulit, pembengkakan dan mati rasa, disinilah kompres dingin (pecahan es yang dibungkus dengan handuk) bisa mengurangi ekses yang lebih parah. Lakukan kompres dingin selama 20 menit dengan jedah setiap 20 menit selama 2 sampai 3 jam.

Untuk mendapatkan asil terbaik. Berbaringlah dengan lutut tertekuk dan tempatkan pecahan es dibawah punggung bagian bawah. Mulai pengkroposan begitu tegang punggung terasa dan lanjutkan selama tiga sampai empat jem.


Terapi Kompres Panas

Tidak seperti kompres dingin, kompres panas akan meningkatkan aliran darah ke daerah-daerah bermasalah sehingga mempercepat penyembuhan. Tapi kompres panas tidak diberikan sampai tiga sampai empat hari setelah sakit otot mulai terasa: bila kompres panas diberikan terlalu cepat, maka aliran darah akan memperburuk pembengkakan dan peradangan.
Anda bisa memilih papan panas listrik, botol air panas, kompres panas, lampu panas, mandi dengan air panas. Seperti pada kompres dingin berilah kompres panas selama 20 menit sampai tiga jam setiap hari (berhati hati jangan melakukan secara berlebihan, jika tak ingin terbakar).


Pijatan

Pijatan memang tidak akan menyembuhkan sakit punggung, tapi cara ini bisa meningkatkan aliran darah untuk memperkuat dan merenggangkan otot-otot.


Penjepi atau korset

Cara ini akan mendukung punggung dan melindungi tulang belakang dengan cara membatasi gerakan yang berfungsi sebagai pengganti otot-otot punggung yang kuat. Jangan menggantungkan cara ini untuk memperbaiki keretakan punggung.

Begitu sakit punggung akut lewat atau reda, program olahraga yang dirancang untuk memperkuat otot-otot punggung dan perut sangat membantu. Demikian pula, jangan duduk untuk periode waktu yang lama – duduk yang terlalu lama akan memperburuk sakit pada punggung bagian bawah. Pastikan bahwa tidur pada kasus yang sangat nyaman. Jangan tidur tengkurap; tidurlah terlentang atau miring dengan lutut tertekuk.

Bagi sebagian besar orang, strategis-strategis di atas akan menyembuhkan sakit punggung bagian bawah disebabkan ketegangan otot karena kerja fisik yang berat. Namun, jika rasa sakit berlangsung lima sampai tujuh hari, atau jika rasa sakit merembet ke bawah baik ke pantat, terus kepaha atau kaki Anda mati rasa, atau jika ada perubahan pada kandung kemih atau perut, Anda harus segera mencari bantuan edis. Mungkin cakram tulang belakang anda terkena hernia.

http://www.xanoco.com/sehat/?p=180

(Sumber: Departemen Kesehatan RI)


2 komentar:

  1. saya pernah mengalami sakit punggung dan br belakangan ini saya sadari ada tulang yg menonjol yang letanknya dkt tulang punggung. ada yg tahu penyebabnya dan kemana saya hrs mengecek?

    BalasHapus
  2. kalau saya boleh usul, ke penyakit dalam dan ortopedi, karena sesuai dengan pengalaman saya, kebetulan saya punya askes, minta rujukan dari puskesmas, lalu saya ke RSUD Pasar Rebo, ke penyakit dalam, biasanya nanti akan disuruh rontgen, lalu saya juga sempat ke saraf dan ortopedi (tulang)

    BalasHapus

Fasilitas Komentar Gratis Yang Disediakan (Siapa Saja Boleh)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...