19 Juli 2009

Biar Ngga Sakit Punggung

Meski kadang terlihat sepele, sakit punggung bisa sangat menganggu dan menyebalkan dan membuat
serba salah dalam beraktivitas. Tapi jangan khawatir berikut beberapa langkah cepat untuk mengatasi sakit punggung.

Sayuran berwarna hijau tua
Makan brokoli atau sayuran berwarna hijau tua
Sudah jadi rahasia umum kalsium adalah kunci untuk tulang yang kuat, tapi studi di Jepang telah mengidentifikasi
vitamin lain yang dibutuhkan yaitu vitamin K. Vitamin ini bisa ditemukan di brokoli, bayam, dan sayuran lain yang berwarna hijau tua.

Sayuran ini membantu penyimpanan kalsium pada tulang, dan membuat tulang menjadi padat.
Semakin kuat tulang, semakin kuat juga seluruh tubuh yang sekaligus bisa menurunkan risiko yang menyebabkan sakit punggung.

Ringankan beban
Kalau Anda membawa beban yang lebih dari 10 persen berat badan, ini terlalu berat. Sebisa mungkin jangan terlalu sering membawa beban yang terlalu berat.

Tidur dengan baik
Tempat tidur yang keras memang tidak baik untuk punggung, sebuah studi terkini membuktikan bahwa tempat tidur mempengaruhi kesehatan tulang belakang seseorang. Tidur dengan tempat tidur yang empuk lebih rendah terkena sakit punggung dibandingkan yang tidur di tempat tidur yang keras. Sebaiknya atur posisi tidur dengan baik agar tidak sakit saat bangun tidur.

Kuatkan otot
Memiliki otot yang kuat bisa membantu punggung dari cedera. Lakukan gerakan untuk mengencangkan otot 2 hingga 3 kali set dengan 12 kali pengulangan. Caranya, berbaringlah dengan lutut ditekuk, kaki rata di lantai. Tarik di perut Anda ke arah tulang belakang, kontraksi otot Anda, angkat sedikit panggul dari lantai.

Duduk dengan postur yang baik
Duduk di kursi selama jam kerja kurang lebih 8 jam sehari bahkan lebih bisa membuat sakit punggung. Pastikan duduk dengan posisi yang benar kalau bisa beri bantal kecil untuk di kursi untuk sandaran punggung, kalau kursi di kantor Anda tidak memiliki sandaran yang empuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fasilitas Komentar Gratis Yang Disediakan (Siapa Saja Boleh)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...