19 Mei 2009

Wisata Kuliner Berkedok Study Tour ke Bandung

Hebat kan gue, yang lain mugkin udah pada ngejoprak di alam mimpinya masing - masing tapi aku disini masih aje ngutak atik blog, maklum anak baru jadi apa - apa maunya ngeblog . . mumpung gratis . . Perjalanan sehari yang panjang . .
Pasalnya pagi ini aktifitas yang baru pertama kalinya di tahun 2009 ini seorang Silmina Ulfah bangun jam 4 pagi dan bersiap untuk menuju kampus tanpa diantar dan serudak - seruduk . . . yah mungkin karena sudah sejak seminggu lalu libur dirumah jadi menantikan hari yang tidak biasa ini dengan excited (halah!)
yups . . . hari ini ada perjalanan mendadak dari kampus yang mengajak jalan ke Bandung, ngga tau mau ngapain yang jelas cuma disuruh bawa jaket almamater (brati formal) . . dengan perasaan riang (karena baru aja duduk di bis eh langsung dikasih roti pisang coklat + Aqua botol) tau aja panitia kalo kita ngga biasa minum aer kendi . . . hehehe . . .
Hebat kan gue, yang lain mugkin udah pada ngejoprak di alam mimpinya masing - masing tapi aku disini masih aje ngutak atik blog, maklum anak baru jadi apa - apa maunya ngeblog . . mumpung gratis . . Perjalanan sehari yang panjang . . 
Pasalnya pagi ini aktifitas yang baru pertama kalinya di tahun 2009 ini seorang Silmina Ulfah bangun jam 4 pagi dan bersiap untuk menuju kampus tanpa diantar dan serudak - seruduk .  . . yah mungkin karena sudah sejak seminggu lalu libur dirumah jadi menantikan hari yang tidak biasa ini dengan excited (halah!) 
yups  . . . hari ini ada perjalanan mendadak dari kampus yang mengajak jalan ke Bandung, ngga tau mau ngapain yang jelas cuma disuruh bawa jaket almamater (brati formal) . . dengan perasaan riang (karena baru aja duduk di bis eh langsung dikasih roti pisang coklat + Aqua botol) tau aja panitia kalo kita ngga biasa minum aer kendi . . . hehehe . . . 
Bis lagsung aja, tanpa tedeng aling - aling berangkat menuju kampus kalimalang (gunadarma  . . . yaiyalah masa UI) untk menjemput beberapa mahasiswa yang akan ikut dari perwakilan kalimalang . . . tujuan pertama ternyata adalah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), kirain mau jalan - jalan di ITB nya, baru sekali tuh dateng kesitu, suasana mirip cibodas, disini kita langsung diboyong ke ruang rapat untuk penyambutan , ternyata lembaga ini adalah lembaga non departemen yang mengurusi masalah penelitian (berbagai aspek) karena saya dari Elektro Telekomunikasi maka yang saya konsentrasikan adalah kepada Antena, pertaa liat Hydrophone (buat komunikasi di laut) mirip sonar nya kapal selem tapi untuk komunikasi horisontalnya, soalnya kalo sonar itu vertikal. mantep banget padahal rata - rata udah diatas 50 tahun peneliti nya (peremuan lagi), tapi masih eksis aja. sama lagi mau launching radar yang baru buat di tepi pantai. seteleh poto2, (duile) kita menuju  laboratorium elektronika untuk televisi dan radio, yang ini uda rada ngga enak soalnya kita bicara mengenai rangkaian dan datasheet yang amit - amit kalo diapalin mah!, langsung aja kita menuju tempat selanjutnya yaitu laboratorium mikroelektronika, disini tempat untuk membuat benda "mini" kaya microstripe, dan solar cell stripe, yadi yang kabel penghubungnya aja tuh satuannya udah mikron alias 10^6... kudu pake lensa kalo mo liat, ternyata masih banyak orang yang terus belajar setelah wisuda ya disini, para peneliti dari yang muda ampe yang udah jadi oma dan opa. 
Abis dari LIPI kita semua pada pergi ke LEN Industri (katanya Pak Denny pernah kerja di sini loh!) . . . ini dulunya tuh Semacam lembaga penelitian juga tapi bedanya sekaang LEN itu udah dibawah nya BUMN, jadi ga buat tempat penelitian lagi, pas dateng kita aja bisalangsung liat ada parabola yang gede banget, di halaman LEN ini. Kita disambut dengan sekotak snack lezat, hehehe namanya juga bandung, setelah basa basi, kita langsung jalan - jalan. dibilang kantor gede dibilang pabrik kecil. Gimana ngga, wong total karyawan aja cuma 380 orang tok. 
Disini pemandangannya juga bags, kita bisa liat Solar cell yang kera samanya ama Jepang terjejer rapi di belakang gedung utama . . abis itu menuju ruang fabrikasi untuk solar cell yang buat di pedesaan yang belom ada listrik, fisiknya sih mirip kompor gas mini, (ketemu anak gundar yang ternyata kerja disitu dulunya jurusan SI, sekarang dibagian pengaturan kontrol untuk lalu lintas kereta api yang kebanyakan di daerah Sumatera), liat cara solder otomatis (pantesan rapi)  . . . and then kita pergi ke pabrik Pudak. 
CV Pudak adalah pabrik yang memproduksi alat - alat peraga dan peralatan kebutuhan untuk di laboratorium penunjang kegiatan belajar mengajar sekolah hingga perguruan tinggi. dari nama buah - buahan sampe alat ukur dari kaca di buat disini. Sekedar informasi, ternyaa sebagian besar tuh manual loh, pantesan aja mahal - mahal harganya.
Mesipun melelahkan, tapi saya jadi tergugah untuk lebih belajar lagi, ga mau kalah sama oma yang di LIPI dan adik - adik SMA yang magang di LEN dan Pudak. dan ga kalah terlupakan adalah hari yang penuh dengan makan dan cemilan kue enak2.

2 komentar:

  1. Coba kalau makanannya bisa dijelasin lagi, jadi penasaran nih buat di kuliner-in. Hehehee..

    BalasHapus
  2. hoho...sayangnya kuliner yang dimakan adalah makanan yang disediakan oleh kampus dan makan di warung sunda di deket stasiun radio nagaswara

    BalasHapus

Fasilitas Komentar Gratis Yang Disediakan (Siapa Saja Boleh)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...