07 Mei 2009

Usaha Tela Krezz Saya

Bulan lalu aya bergabung dalam usaha franchise yang bernama Tela Krezz, yaitu sebuah usaha di bidang makanan ringan berupa singkong goreng bertabur aneka bumbu. Karena emang dari dulu keluarga doyan ama Tela makanya pada semangat banget bikin usaha ini . .dengan total modal Rp.


Modal Rp. 4.300.000,- dan menunggu kira - kira 2 minggu lamanya untuk pembuatan gerobak tela dan segala perlengkapan didalamnya (kecuali tabung gas) saya sudah bisa langsung berjualan.
teknisnya adalah pertama - tama kita membeli bahan baku di agen tela setempat (karena saya berdomisili di depok, agen saya berlokasi di kukusan). Pegawai akan diberikan tutorial singkat mengenai cara memasak, dengan diberikan fasilitas 2 buah kaos berlogo. Lokasi pn saya memilih di depan sebuah minimarket indomaret dekat rumah. ini menguntungkan karena tidak perlu menambahkan kulkas di outlet kita. 

berikut tips bagi pembaca yang ingin membuka usaha Tela Krezz :
  1. Telepon agen Tela Krezz setempat untuk mengetahui apakah di lokasi yang kita ingin buka sudah ada usaha yang sejenis apa belum
  2. Jika sudah ada, segera kita cari lokasi lain yang strategis seperti kantin sekolah, depan kampus atau di depan minimarket.
  3. Jika sudah menapatkan lokasi pasar, segera buat perjanjian untuk menjadi franchise (cabang).
  4. Sambil menunggu pembuatan gerobak Tela Krezz (sekitar 2 minggu) kita siapkan pegawai yang akan menjaga outlet kita, sebaiknya dipilih dengan cermat karena sangat mempengaruhi penjualan. 
  5. Pegawai yang kita cari haruslah jujur, ramah dan disiplin, segera buat perjanjian antara kita dengan pegawai agar tidak terjadi kesalahpahaman kedepannya.
  6. Setelah gerobak jadi kita sudah langsung berjualan dengan membeli Tela perporsi yang dijual di agen lokasi masing - masing cabang. 
  7. Stok tela minimal untuk penjualan dua hari, biasanya saya menyediakan 50 buah di kulkas, sedangkan untuk bumbu, biasanya sediakan beberapa macam saja dahulu (bumbu yang bisasnya laris adalah rasa keju, BBQ, lada hitam dan balado)
  8. Belilah minyak dengan kemasan plastik dan belilah dalam skala banyak agar lebih murah.
  9. catat segala pemasukan dan pengeluaran dengan rapi.
  10. tinjau beberapa hati sekali untuk mengontrol lapangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fasilitas Komentar Gratis Yang Disediakan (Siapa Saja Boleh)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...