21 Mei 2009

Robot Line Follower Berbasis Mikrokontroler PIC16F84


Line Follower Robot adalah sebuah robot berbentuk mobil ( Mobile Robot ) yang dikhususkan untuk mengikuti ( follow ) line. Line disini adalah sebuah garis yang terbuat dari tape berwarna hitam. Untuk dasar dapat menggunakan ubin yang berwarna putih, ataupun membuat sendiri track-nya.

Robot ini dibangun menggunakan pengontrol PIC16F84 yang merupakan mikrokontroler berpena 18 buah. Untuk sistim mikrokontroler ini akan menggunakan board DT-Proto18pin seperti pada gambar berikut ini.



Untuk sistim sensor agar lebih afdol akan menggunakan IR-Sensor buatan pabrik yang sudah jadi seperti yang banyak digunakan di industri-industri. Kebutuhan akan sensor adalah 2 buah, hal ini akan menyebabkan robot dapat berfikir untuk berbelok ke-kiri atau ke-kanan.

Sistim sumber daya akan menggunakan 2 buah yaitu sumber daya +9 Volt dari sebuah baterai kotak untuk mendayai sistim mikrokontroler dan baterai +6 Volt untuk mendayai motor servo.

Base Line Follower Robot ini akan menggunakan acrylic sehingga cukup kuat untuk menopang berat sistim mikrokontroler dan baterai.

Robot Line Follower yang sudah jadi diharapkan dapat mengikuti garis hitam diatas dasar warna putih dengan baik, walaupun garisnya di buat berliku-liku. Kecepatan robot adalah standard, karena menggunakan motor servo yang tidak dapat dikontrol kecepatannya.



Untuk membuat robot ini diperlukan alat-alat atau part sebagai berikut.
Sistim mikrokontroler PIC16F84 ( DT-Proto18pin ) 1 ea Rp.120.000,-
Dua buah motor servo Continous Import @.180.000 2 ea Rp.360.000,-
Dua buah IR-Sensor 2 ea Rp.50.000,-
Lain-lain ( Baterai, Acrylic dll) Rp.100.000,-

4 komentar:

  1. Kunjungi http://indonetwork.co.id/am_tronik menyediakan kebutuhan komponen untuk Aplikasi Robotika

    BalasHapus
  2. sok atuh dicari yang murah, nanti kasih tau yaa...hehehe

    BalasHapus

Fasilitas Komentar Gratis Yang Disediakan (Siapa Saja Boleh)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...