05 Mei 2009

"Gimana Nih, Tulisan Tangan Gue Jelek!?"

Beberapa hari yang lalu Bank DKI Universitas Gunadarma sedang membuka lowongan bagi para fresh graduate untuk dipekerjakan, namun yang menarik adalah dalam penulisan surat lamaran yang harus ditulis dalam tulisan tangan . . .(padahal udah ada komputer..)
Kenapa sih nulis surat lamaran kerja harus pake tulisan tangan segala??



Beberapa hari yang lalu Bank DKI Universitas Gunadarma sedang membuka lowongan bagi para fresh graduate untuk dipekerjakan, namun yang menarik adalah dalam penulisan surat lamaran yang harus ditulis dalam tulisan tangan . . .(padahal udah ada komputer..)
Kenapa sih nulis surat lamaran kerja harus pake tulisan tangan segala?? eits . . jangan salah, di beberapa HRD tulisan tangan dianggap perlu untuk melihat karakteristik pelamar kerja. Loh emang bisa tulisan bisa dibaca? ya bisa lah . . nama ilmu yang mempelajari tulisan tangan adalah Grafologi.
Para ahli grafologi biasanya melihat dari bentuk yang dominan dari keseluruhan tulisan tangan seseorang, tingkat penekanan dalam menulis, kemiringan tulisan, spasi tulisan, margin (jika tulisan paragraf).
Namun terlepas dari semua itu selain bentuk tulisan, konten atau isi dari surat lamaran yang berkualitas merupakan hal yang paling penting. Menurut yang saya baca pada blog tetangga, "99% CV Bermasalah bagi HRD Company Proffesional". Bagi para pembaca yang pernah ikutan seminar tentang CV pasti tau kalo ternyata sebuah CV yang baik (yang banyak dibaca HRD) adalah CV yang tidak menuliskan Biodata terlebih dahulu, mengapa? ini karena pelamar kerja akan dianggap membanggakan dirinya sendiri. CV yang baik seharusnya menuliskan tujuan berkarir, dimulai dari nilai terjual terbaik dan menutup kelemahan dengan menunjukkan potensi terbaik kita.

Silahkan download tentang Grafologi di :
http://www.scribd.com/doc/13314434/Grafologi

dan tentang bagaimana seharusnya cv dan sural lamaran yang banyak dicari di :
http://ekajazzlover.wordpress.com/2009/04/06/sukses-paripurna-dalam-dunia-kerja-catatan-dari-seminar-nasional-dunia-kerja/

4 komentar:

  1. artikel nya bagus ,sesuai dengan lamaran yang gua bikin waktu melamar di bank dki ,nga biodata dulu yang ditulis . jadi gua tambah semangat insya allah diterima doain ya

    BalasHapus
  2. artikel nya bagus ,sesuai dengan lamaran yang gua bikin waktu melamar di bank dki ,nga biodata dulu yang ditulis . jadi gua tambah semangat insya allah diterima doain ya

    BalasHapus
  3. artikel nya bagus ,sesuai dengan lamaran yang gua bikin waktu melamar di bank dki ,nga biodata dulu yang ditulis . jadi gua tambah semangat insya allah diterima doain ya

    BalasHapus

Fasilitas Komentar Gratis Yang Disediakan (Siapa Saja Boleh)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...